Pemkab Gelar Acara Rembuk Stunting

Lahat, jurnalsumatra.com – Bertempat di Hotel Grand Zurry Pemerintahan Daerah (Pemkab) Kabupaten Lahat, menggelar kegiatan┬árembuk stunting dengan tema aksi konvergensi percepatan penurunan stunting Kabupaten Lahat tahun 2020.

Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati Lahat Cik Ujang SH, Wabup Bupati Lahat H.Haryanto SE MM, Dandim 0405 Lahat Letkol Kav Sungudi SH.M.Si, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat, Fitrizal Homizi ST, Ketua TP PKK Lahat Lidyawati, perwakilan Camat Kabupaten Lahat, SKPD Pemkab Kabupaten Lahat, dan kurang lebih 60 tamu undangan.

Bupati Lahat Cik Ujang SH dalam sambutannya menegaskan, rembuk stunting merupakan langkah penting dalam memastikan penurun stunting secara bersama antara sektor lembaga, dan bersama sama akan melakukan konfirmasi, singkronisasi, dan, sinergi.

“Rancangan rencana kegiatan dari Pemkab Lahat. dan hasil perencanaan partisipatif masyarakat yang dilaksanakan melalui Musrenbang di Kecamatan dan Desa dalam upaya penurunan stunting,” kata Bupati Lahat.

Untuk pelaksanaan percepatan penurunan stunting, dijelaskan Cik Ujang, ada delapan aksi integrasi yang dilakukan yakni, indentifiksi sebaran stunting, cakupan layanan, ketersedian program, dan kendala dalam pelaksanaan integrasi intervensi gizi.

“Menyusun rencana kegiatan untuk meningkatkan pelaksanaan integrasi intervensi gizi. juga dapat menyelanggarakan rembuk stunting tingkat Kabupaten atau Kota. serta memberikan kepastiqn hukum bagi desa untuk menjalankan peran dan kewenangan desa dalam intervensi gizi terintegrasi,” tambahnya.

Selanjutnya, sambung Cik Ujang, memastikan tersedianya dan berfungsinya kader yang membantu Pemerintah desa dalam pelaksanaan intervensi gizi terintegrasi di tingkat Desa. serta dapat meningkatkan system pengelolaan data stunting dan cakupan intervensi di tingkat Kabupaten.

“Dengan melakukan pengukuran pertumbuhan dan perkembangan anak balita. Melakukan review kinerja pelaksanaan program dan kegiatan terkait penurunan stunting selama satu tahun terakhir,” pungkas Bupati Lahat.

Usai acara dilanjutkan dengan makan siang bersama diruang makan Hotel Grend Zurry Lahat, dan sekitar pukul 12.38 WIB kegiatan selesai situasi aman dan kondusif. (Din)