Pemkab Gelar Kampanye GERMAS


Lahat, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat menggelar KAMPANYE GERMAS (Gera­kan Masyarakat Hidup Sehat).

Kegiatan ini bertujuan, selain untuk menjadikan program unggulan juga untuk mengatur fisik berupa senam massal. dan, didukung dengan makan buah buahan, sayuran, serta selalu melakukan pengecekan kesehatan secara berkala.

Dalam laporan Ketua Pelaksana Eliya Agustina Erlambang SKm.MM menegaskan, kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinkes Lahat melalui Puskesmas Perumnas Kabupaten Lahat, adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

“GERMAS ini bertujuan untuk menurunkan beban penyakit menular maupun tidak menular dan meningkatkan aktivitas fisik teratur. Peserta kali ini diikuti 24 Kecamatan, kader Posyandu, PKK, dan Kesehatan,” ujarnya.

Sambutan Dr.H.Rasyidi.MM menyampaikan, meningkatnya biaya kesehatan itu karena adanya penyakit menular yang menjadi peran utama kesehatan. Penyakit tidak menular seperti struk, jantung dan lain lain.

“Maka dari itu, kita harus menjaga kesehatan dan menurunkan tekanan darah. Marilah kita tingkatkan kesehatan menuju Lahat bercahaya,” tuturnya.

Acara tersebut, dilaksanakan di Lapangan halaman GOR Lahat, pada Kamis (27/6/2019). Pada Kampanye Germas ini Bupati Lahat, Cik Ujang SH didampinggi Wabup Lahat, H Haryanto mengajak masyarakat untuk hidup sehat.

“Kita sebagai orangtua mengingatkan kepada anak, cucu kita penting menjaga makanan yang dimakan karena banyak makanan tidak sehat,”ujar bupati Lahat Cik Ujang.

Menurut Cik Ujang, bahwa faktor kesehatan dipengaruhi faktor tekanan atau kejiwaan. Karenanya, diimbau kepada para pegawai di lingku­ngan Pemkab Lahat yang usia­nya menjelang 50 tahun agar menerapkan gaya hi­dup sehat. Apalagi sekarang ini jumlah penderita stroke dan hipertensi semakin bertambah.

“Dalam Germas ini saya berharap bisa menjadi tradisi kedepan. Dengan pemimpin baru penting dibudayakan ini, termasuk juga di kecamatan-kecamatan,” imbuhnya lugas.

Senam GERMAS itu diikuti Bupati Lahat Cik Ujang.SH, Wakil Bupati H.Haryanto.SE.MM.MBA, Sekda Lahat H.Januarsyah Hambali.SH.MM, Dandim 0405 Lahat Letkol Kav.Sungudi.SH, Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap.SIK.MSi, Ketua Pengadilan Negeri Yoga Dwi Ariastomo Nugroho.SH.MH, para Kadis, Ketua Tim Penggerak TP-PKK Kabupaten Lahat, Lidya Wati S.HUT bersama wakil ibu Hj.Sumiati SPd, Ketua Darma Wanita, Kepala BPJS Lahat, dan seluruh peserta senam GERMAS. (Din)