Pemkab Gorontalo Dorong Peningkatan Produksi Kelapa

Gorontalo, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo terus mendorong peningkatan produksi kelapa melalui berbagai upaya seperti revitalisasi hingga industri.

  “Kita mendorong pemerintah daerah membuat kebijakan revitalisasi dan peremajaan karena sebagian besar kelapa sudah tua,” ujar Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Senin..

  Menurutnya, sebagai salah satu negara penghasil buah kelapa terbesar di dunia, Indonesia harus terus mengembangkan industri kelapa yang saat ini masih dikelola secara sederhana.

  “Kita juga ingin mengembangkan industri rumahan kelapa dan bagaimana agar hasilnya dapat digunakan secara langsung agar pasarnya terlihat jelas, serta berkolaborasi dengan pengusaha serta konsultan yang paham,” ungkap Nelson.

  Ia mengaku di Kabupaten Gorontalo ada tiga industri kelapa dan diekspor. Hal itu kata Nelson diharapkan dapat diadopsi daerah lain yang merupakan penghasil kelapa.

  “Untuk tingkat nasional tentunya kita harus memiliki komitmen bersama, karena mengenai kelapa bukan hanya sektor pertanian saja, tapi industri dan perdagangannya,” kata dia.

  Nelson mengungkapkan jika saat ini harga kelapa cukup rendah, dan berharap hal tersebut dapat menjadi perhatian bersama.(anjas)