Pemkab Harapkan Pemdes Verifikasi Data Penerima Bantuan

    Gunung Kidul, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan pemerintah desa selama tiga hari ke depan melakukan verifikasi data penerima bantuan bagi warga kurang mampu penerima beras sejahtera gratis dan bantuan pangan nontunai.
Pelaksana Tugas Kepala Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Gunung Kidul Sudodo di Gunung Kidul, Rabu mengatakan saat ini telah ada 88.267 penerima sasaran, pemkab masih memberikan kesempatan jika ada pergantian data penerima bantuan.
“Untuk itu kami memberikan kesempatan kepada desa melakukan verifikasi. Kesempatan kepada kades dan tim jika ada pergeseran, silakan direvisi melalui musyawarah desa,” katanya.

Dia mengatakan program rastra awal 2018 akan diterimakan awal Januari sebanyak 10 kg secara gratis, lalu setelahnya bantuan pangan nontunai (BPNT).
“Keluarga penerima manfaat (KPM) berjumlah 88.267 orang. Masing-masing per bulan menerima Rp110 ribu,” katanya.
Sudodo mengatakan nantinya masyarakat penerima manfaat akan doberikan kartu mirip kartu ATM. Pemegang kartu mendatangi e-Warung yang ada di setiap desa. Warga tinggal menggesekan kartu ke mesin Eletronic Data Capture (EDC) lalu bisa membeli kebutuhan pangan.
“Untuk bulan pertama wajib dibelanjakan, hal ini untuk mengetahui persebaran kartu,” katanya.
Kades Ngaleng, Kecamatan Gedangsari, Kadri, mengatakan pihaknya langsung melakukan sosialisasi dan pemetaan terhadap penerima manfaat. Data lama ada 1.349 orang yang menerima.
“Kami diberikan waktu oleh pemkab, jika ada pergeseran by name diberi tenggat waktu selama tiga hari mulai 24-26 Januari,” katanya.(anjas)

Leave a Reply