Pemkab Imbau Sekolah Ramaikan TDS Di Solok

     Arosuka, Sumbar, jurnalsumatra.com – Pemkab Solok, Sumatera Barat, mengimbau sekolah-sekolah yang berada di lintasan yang akan dilalui para pebalap peserta lomba balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) agar ikut meramaikan even itu dengan menyemangati dari pinggir jalan.
“Masyarakat Kabupaten Solok harus mampu menunjukkan animo yang luar biasa pada TdS tahun ini,” kata Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok di Arosuka, Jumat.
Segera berkoordinasi dengan pihak sekolah yang letaknya berada di tepi jalan perlintasan jalur TdS untuk mengajak pelajar memberikan dukungan kepada para pebalap dari pinggir jalan, sebagai bentuk apresiasi pada even tahunan ini.
“Kita sebagai tuan rumah sudah seharusnya memperlihatkan antusiasme dalam TdS ini. Kalau bisa, nanti siswa-siswa membawa bendera kecil dari kertas merah putih sebagai simbol Indonesia,” ujarnya.
Selain itu juga akan dikoordinasikan dengan kecamatan yang menjadi jalur TdS, agar masyarakatnya ikut serta menyaksikan dan menyemarakkan  even tersebut dari 18 hingga 26 November 2017.
Jalur yang ada di Solok dibagi menjadi etape 3 pada 19 November 2017, start dari Painan, Pesisir Selatan melewati Arosuka dan finis di Sawahlunto dengan jalur sepanjang 166 kilometer.
Pada etape ini ada tiga kecamatan yang dilalui yaitu Kecamatan Gunung Talang, Kubung, dan IX Koto Sungai Lasi.
Selanjutnya etape 4 pada 21 November 2017, start dari dermaga Singkarak dan finis di Payakumbuah dengan jalur sejauh 135 kilometer.
Lalu etape 6, pada 23 November 2017, start dari Kota Solok melewati Arosuka dan finis di Padang Aro, Solok Selatan. Jalur ini melewati lima kecamatan.
“Semua kecamatan yang dilalui ada tujuh kecamatan, kami berharap masyarakat turut bekerja sama dalam menyukseskan even TdS tahun ini,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok, Yandra mengatakan telah memasang beberapa baliho dan telah menyurati seluruh OPD di lingkungan setempat untuk memasang spanduk.
“Untuk pemasangan spanduk dan baliho, lebih dari separuh OPD dan instansi pendukung telah memasang baliho dan spanduk TdS. Jalan-jalan utama juga sudah memasang baliho jadwal TdS,” ujarnya.
Dalam rangka pelaksanaan dan memeriahkan kegiatan TdS 2017 ini, direncanakan akan mendirikan tiga buah panggung kehormatan,  di Dermaga Singkarak, Tugu Ayam dan Lapangan Bola Kaki Surian.
Sedangkan Wakapolres Solok, Kota Sumintak juga meminta kepada seluruh stakeholder atau OPD agar tidak mengeluarkan izin keramaian, karena akan mengganggu lancarnya kegiatan.
“Anggota yang akan melaksanakan pengamanan jalur dari Pemkab harus jelas, sehingga bisa berkoordinasi dengan polres sebab rombongan pebalab TdS akan melewati daerah pasar mingguan,” tambahnya.(anjas)

Leave a Reply