Pemkab Jayawijaya Programkan Pembangunan Instalasi Air Bersih

     Wamena, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, memprogramkan pembangunan instalasi air bersih untuk warga di sejumlah distrik, antara lain Distrik Molagalome.
Wakil Bupati Jayawijaya John R Banua di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Kamis, pembangunan instalasi air bersih itu sudah diprogramkan di tahun anggaran 2018, berdasarkan aspirasi masyarakat saat melakukan kunjungan kerja di 2017.
“Apa yang diminta oleh masyarakat pada tahun 2017 itu kita sudah akomodasi di DAU 2018, jadi Distrik Molagalome tahun ini ada air bersih,” katanya.
John tidak mengetahui secara pasti jumlah penduduk yang akan menikmati fasilitas air bersih tersebut, namun sedang dipersiapkan oleh instansi yang membidangi penyediaan air bersih.

“Dinas terkait sudah melihat sistem apa yang akan dilakukan di sana, apakah melalui sumur bor atau penyediaan tandon air,” katanya.
Air bersih merupakan satu permintaan warga Molagalome sebab selama ini mereka lebih mengandalkan air sungai untuk kebutuhan hidup.
Selain air bersih, warga setempat sebelumnya juga mendambakan sejumlah fasilitas umum seperti peningkatan jalan raya, penambahnan tenaga pengajar serta fasilitas kesehatan seperti ambulans.
Terkait permintaan jalan antardistrik sepanjang kurang lebih dua kilometer, sudah diakomodasi juga oleh pemerintah pada APBD 2018 sehingga dalam waktu dekat sudah dikerjakan.
“Sementara terkait jalan yang menghubungkan beberapa kabupaten dengan Jayawijaya, memang perlu bupati-bupati di sekitar Jayawijaya duduk bersama untuk kita membahas,” kata John.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − two =