Pemkab Kubu Raya Kembali Salurgan Bosda Seragam Gratis

Pontianak, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Koprasi Rasau Jaya Mandiri kembali menyalurkan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) berupa seragam sekolah gratis bagi siswa di 6 SDN yang tersebar di beberapa Kecamatan Rasau Jaya, Senin.

  Adapun enam SD yang mendapat bantuan seragam gratis untuk siswa baru-nya itu adalah SDN 2 Desa Rasau Jaya Satu, SDN 3 Desa Rasau Jaya Dua, SDN 4 Desa Rasau Jaya Tiga, SDN 5 Desa Rasau Jaya Umum, SDN 9 Desa Rasau Jaya Umum dan SDN 12 Desa Rasau Jaya Dua.

  Koordinator Wilayah (Korwil) bidang pendidikan Rasau Jaya Sriyatin di Rasau Jaya, Senin, mengatakan sampai hari ini terdapat 8 SDN dan 1 SMPN yang sudah menerima program Bosda seragam sekolah gratis dari Pemkab Kubu Raya.

  “Kami merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Pemda Kubu Raya yang telah berkomitmen mengembalikan dan mensukseskan program Bosda seragam sekolah gratis ini. Alhamdulillah, sampai saat ini program Bosda ini sudah mulai bergulir dan diserahkan dari pihak penyedia, meski semua sekolah belum tercover, karena semuanya perlu proses dan bertahap,” katanya.

  Sriyatin menuturkan, tugas sebagai korwil, tentunya juga akan mendampingi pihak penyedia dalam proses penyerahan seragam sekolah gratis ini ke sekolah-sekolah.

  “InsyaAllah, jumlah siswa baru yang akan menerima seragam sekolah gratis ini sesuai dengan data. Karena data yang kami miliki sdh diserahkan kepada pihak penyedia dan seragam sekolah gratis ini juga diserahkan kepada seluruh siswa baru yang sudah di instruksikan bapak Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan,” tuturnya.

  Selain itu seragam Sekolah yang disalurkan ini semuanya berjenis seragam Sekolah panjang, baik celana bagi siswa laki-laki maupun rok bagi siswi perempuan. “Tentunya hal ini akan memberikan rasa aman bagi siswa dan juga bisa langsung digunakan untuk ibadah Shalat di sekolah saat tiba waktunya,” katanya.

  Sementara itu Ketua Dewan Pengawas Koperasi Rasau Jaya Mandiri Darsono mengatakan, untuk di koprasi ini pihaknya melayani 3 Kecamatan, yakni  Kecamatan Rasau Jaya, Kubu dan Kecamatan Batu Ampar yang mana untuk 2 Kecamatan lainnya akan diserahkan dalam minggu-minggu ini, mengingat saat ini sudah memasuki tahun ajaran baru.

  “Untuk penyerahan Bosda seragam sekolah gratis di Kecamatan Batu Ampar sampai saat ini masih diproses, meski seragam sekolah yang ada di kita sudah mencapai seribu lebih dengan ukuran S dan M. Sehingga untuk penyaluran seragam di Kecamatan Batu Ampar menunggu ukuran L dan XL sudah jadi,” katanya.

  Darsono menjelaskan, hal itu dilakukannya agar tidak perlu pulang-pergi bagi Kepala Sekolah untuk menukarkan seragam ini ke Rasau jaya. Mengingat jaraknya SD yang ada di Rasau Jaya yang cukup jauh.

  Dia memaparkan, untuk di Rasau Jaya sendiri pihaknya memastikan sudah bisa diserahkan kepada siswa di masing-masing sekolah.

  “Sedangkan untuk di Kecamatan Kubu, kami akan segera menyalurkannya kepada sekolah yang bisa kami cover, terutama bagi sekolah-sekolah yang terdekat terlebih dahulu dan mudah di jangkau,” tuturnya.

  Di tempet terpisah orang tua siswa SDN 5 Desa Rasau Jaya Umum Sri Astuti berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang telah membantu dirinya dalam menyediakan seragam sekolah bagi anaknya, tentunya hal ini sangat membantu begi keluarganya.

  “Saya sebagai orang tua tentunya banyak-banyak terima kasih kepada Bupati Kubu Raya pak Muda Mahendrawan yang telah membantu dan meringankan baban saya dalam mencukupi kebutuhan sekolah anak saya,” katanya.(anjas)