Pemkab Kulon Progo Pindahkan Pedagang Pasar Burung

      Kulon Progo, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan memindah pedagang Pasar Burung Gawok Wates ke kawasan Pasar Hewan Terpadu di Pengasih.
Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kulon Progo Nur Syamsu Hidayat di Kulon Progo, Kamis, mengatakan Pasar Burung Gawok Wates saat ini dinilai sudah tidak layak karena terlalu padat.
“Kami sudah melakukan pembebasan tanah di sisi utara Pasar Hewan Terpadu seluas 5.000 meter persegi untuk memindahkan pedagang Pasar Burung Gawok Wates,” katanya.
Ia mengatakan Lahan seluas 5.000 meter persegi yang dibebaskan 2016 tersebut juga sudah disertifikatkan tahun ini.
Selain itu, pihaknya sudah menyusun rencana detail teknis (DED) pembangunan pasar burung dan pasar rumput.

     Menurut Nur Syamsu, pemindahan pasar burung diperlukan lantaran kondisi pasar burung yang ada sekarang sudah tidak layak karena terlalu padat. Lokasi lama tersebut rencananya akan digunakan untuk pembangunan yang lainnya. Seperti halnya pemindahan pasar hewan dari lokasi lama ke lokasi baru karena aktivitasnya mengganggu lalu-lintas jalan di depannya.
Pembangunan pasar burung dan pasar rumput beserta fasilitasnya di lokasi baru diperlukan anggaran sekitar Rp6 miliar. Dinas sudah mengusulkan agar bisa dialokasikan dari APBD DIY 2018.
“Kami  usulkan dan ada lobi juga dari Bappeda Kulon Progo dengan tim anggaran provinsi,” katanya.
Asisten Perekonomian dan SDA Setda Kulon Progo Triyono mengatakan pembangunan pasar burung sangat mendukung dalam rangka penataan dan pengembangan Kota Wates dan Pengasih.
“Kami sedang melakukan penataan kawasan dengan rangka menyambut pembangunan bandara di Kulon Progo,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + seventeen =