Pemkab Landak Gelar Bimtek Penyusunan Rencana Umum Pengadaan

Pontianak, jurnalsumatra.com – Pemerintah kabupaten Landak, Kalbar melakukan Bimtek Penyusunan Rencana Umum Pengadaan (RUP) untuk tahun anggaran 2020 di aula utama kantor bupati Landak, Selasa.

  “Bimtek ini kita lakukan sesuai dengan peraturan lembaga kebijakan pengadaan barang dan jasa pemerintah nomor 7 tahun 2018 tentang pedoman perencanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah bahwa pejabat pembuat komitmen menyusun rencana pengadaan untuk tahun berikutnya sebelum berakhirnya tahun anggaran berjalan,” kata Kasubbag Pengendalian Administrasi Pembangunan pada Bagian Pembangunan Setda Landak, Leo Agung di Ngabang, Selasa.

  Dia mengatakan, tujuan dilaksanakan Bimtek itu juga untuk memberikan informasi yang lengkap, terkait cara menyusun dan mengumumkan rencana umum pengadaan (RUP) melalui aplikasi sistem informasi rencana umum pengadaan (SiRUP).

  “Tujuan Bimtek ini untuk memberikan informasi yang lengkap, pemahaman yang sama dan benar tentang prinsip-prinsip penyusunan rencana pengadaan serta bagaimana cara menyusun dan mengumumkan rencana umum pengadaan (RUP) melalui aplikasi sistem informasi rencana umum pengadaan,” tuturnya.

  Leo menambahkan bahwa penyusunan RUP untuk tahun anggaran 2020 akan mengintegrasikan data Simda Keuangan dari BPKAD dengan sistem Informasi rencana umum pengadaan (SiRUP). Hal ini dilakukan agar penyusunan RUP bisa lebih cepat dan bisa meminimalisir kesalahan penginputan.

  “Pada tahun ini penyusunan RUP dilakukan dengan mengintegrasikan data Simda keuangan dari BPKAD dengan aplikasi SiRUP, sehingga dengan demikian proses penyusunan RUP bisa lebih cepat dan kecil kemungkinan terjadi kesalahan dalam pengetikan,” katanya.

  Sementara itu, Asisten II bidang perekonomian dan pembangunan Setda Landak, Drs.Alexander, M.Si yang mewakili Bupati Landak dalam sambutannya menyampaikan pentingnya rencana pengadaan umum dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang responsif dan terukur.

  “Rencana umum pengadaan ini memiliki arti yang sangat penting dan strategis dalam upaya mewujudkan pelayanan publik yang responsif dan terukur di Pemerintahan Kabupaten Landak,” kata Alexander.

  Alexander berharap seluruh OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Landak dapat menyusun rencana umum pengadaan tahun anggaran 2020 secara teliti dan utuh agar di awal tahun pekerjaan prioritas sudah dapat berjalan.

  “Saya berpesan agar seluruh OPD menyusun RUP tahun anggaran 2020 secara teliti dan utuh, sehingga awal tahun 2020 semua pekerjaan prioritas sudah dapat berjalan,” katanya.(anjas)