Pemkab Lebak Targetkan 2018 Raih Adipura

Lebak, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten menargetkan pada 2018 meraih penghargaan Adipura, maka  masyarakat agar menjaga kebersihan, keindahan dan ketertiban,
“Kami optimistis Lebak bisa meraih Adipura karena sudah tiga tahun terakhir hanya mendapat penghargaan sertifikat kota kecil,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Lebak Nana Sunjana saat evaluasi persiapan Adipura di Lebak, Rabu.
Pemerintah daerah berkomitmen untuk menargetkan penghargaan  piala Adipura tahun 2018 dengan menggerakan gotong royong dan partisipasi masyarakat untuk menjaga  kebersihan lingkungan dan pengolahan sampah.
Limbah sampah dari masyarakat bisa diolah untuk diproduksi pupuk organik dan aneka kerajinan tangan.
Pengolahan sampah organik dan non organik bisa didirikan Bank Sampah sehingga dapat menggulirkan pertumbuhan ekonomi masyarakat juga penyerapan lapangan pekerjaan.
Selain itu juga mengoptimalkan program Jumat bersih serta Jumat Terpadu dengan melakukan kebersihan di pasar, terminal, sekolah, tempat pembuangan akhir (TPA), perkantoran, perumahan, dan lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
Kegiatan tersebut juga diiringi gerakan penghijauan, dengan penanaman pohon di sejumlah jalan protokol.
“Kami minta masyarakat berperan aktif untuk menjaga kebersihan lingkungan,” katanya.

Menurut dia, pengalaman penilaian Adipura tahun 2016 silam akibat tiga titik pantau yang masih belum optimal dalam menjaga kebersihan lingkungan.
Ketiga titik pantau itu antara lain pertama kawasan permukiman,kedua pengolahan sampah dan ketiga kesemrautan sekitar Pasar Rangkasbitung.
Sebelumnya, perolehan penilaian Adipura tahap I dan II Kabupaten Lebak meraih nilai skor 70 persen.
Namun, penilaian tahap III anjlok sehingga tidak meraih penghargaan Adipuran dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
“Kami memfokuskan tiga titik pantau menjadikan skala prioritas agar meraih skor 75 poin sehingga bisa meraih skor Adipura itu,” katanya.
Ia mengatakan, perlombaan Adipura diberikan kepada daerah yang bersih, dan ini dinilai sangat positif karena mendorong pemerintah daerah serta masyarakat untuk memelihara kota bersih, asri, indah, nyaman dan tertib.
Kondisi demikian, tentu Adipura sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia dan ekosistem lainya, karena kebersihan lingkungan dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit.
“Kami yakin Lebak akan direbut kembali seperti tahun 1980-an Lebak meraih Adipura,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + fourteen =