Pemkab Mendorong Kemajuan Perempuan Di Sleman

      Sleman, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menaruh perhatian besar terhadap peran perempuan sehingga terus mendorong untuk kemajuan perempuan di daerah ini.
“Pemerintah Kabupaten Sleman memasukkan peran perempuan dalam salah satu misinya, yaitu meningkatkan kualitas budaya masyarakat dan kesetaraan gender yang proporsional,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Sleman Mafilindati Nuraini, Jumat.
Menurut dia, misi tersebut bertujuan mewujudkan pelestarian budaya yang ada di masyarakat, perlindungan perempuan, dan anak.

“Pencapaian pembangunan pemberdayaan perempuan di Sleman ditandai  pencapaian sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001 versi 2015,” katanya.
Ia mengatakan, Indeks Pembangunan Gender (IPG) Kabupaten Sleman pada 2016 mencapai 95,51 persen.
“Angka tersebut tergolong tinggi. Hal ini menjadi bukti bahwa program-progam pemerintah, khususnya dalam hal gender mampu memberikan hasil positif pada peningkatan kapabilitas dasar perempuan di Kabupaten Sleman,” katanya.
Mafilindati mengatakan, perkembangan indeks pembangunan manusia perempuan pada 2015 sebesar 79,8 persen dan meningkat menjadi 80,33% pada tahun 2016.
“Keberhasilan ini tidak terlepas dari peran organisasi wanita di Kabupaten Sleman yang bersinergi dengan berbagai pihak,” katanya.(anjas)

Leave a Reply