Pemkab Muba Siap Jemput Pasien Gawat Darurat

Muba, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) meluncurkan program siaga 24 jam,  bahkan melalui layanan Public Safety Center (PSC) 119, Pemkab Muba jemput bola pasien yang dalam keadaan gawat darurat.

Program tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Muba H Dodi Reza Alex bertempat di Stable Berkuda Sekayu, Selasa (27/11/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muba, dr Azmi Dariusmansyah menjelaskan bahwa PSC 119 merupakan upaya pemerintah untuk mengantisipasi permasalahan masyarakat, untuk bisa mendapatkan pelayanan secara langsung dalam kondisi kegawat daruratan dengan pola sistem jemput bola. 

“Adapun kasus-kasus yang bisa di lakukan yaitu meliputi kasus kegawat daruratan kebidanan, kasus kecelakaan lalu lintas, dan kasus lainnya yang bersifat kegawatdaruratan,”Jelasnya.

Azmi menuturkan, sistem yang dipakai bisa dengan menghubungi langsung 08123000119, atau dengan sistem mendownload aplikasi PSC 119 kabupaten Musi Banyuasin Emergensi button di playstore Handphone android serta bisa juga langsung menghubungi 112, karena aplikasi ini sudah terintegrasi dengan comand center 112.

Sementara itu Bupati Muba, H Dodi Reza Alex mengapresiasi dan menyambut baik atas inovasi Dinas Kesehatan Kabupaten Muba, telah meluncurkan program yang bersifat melayani masyarakat dalam keadaan gawat darurat.

“Kehadiran PSC 119 saya yakin dapat memberikan solusi terbaik bagi masyarakat Muba dalam memperoleh pelayanan kegawatdaruratan di bidang medis, yang mana selama ini memang menjadi kendala dalam mengakses cepat untuk mendapatkan penanganan medis terutama yang bersifat darurat,”ucap Dodi. (Rafik elyas)