Pemkab Musi Banyuasin Maksimalkan Tim Pengembangan  Perkebunan

    Musi Banyuasin, Sumsel, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan berupaya memaksimalkan Tim Pembina Proyek-proyek Perkebunan Kabupaten untuk melakukan pengembangan perkebunan di kabupaten setempat.
“Tim Pembina Proyek-proyek Perkebunan Kabupaten (TP3K) yang dibentuk sejak dua tahun terakhir perlu lebih ditingkatkan perannya sehingga dapat mendukung upaya pengembangan perkebunan yang dilakukan pemerintah dan masyarakat,” kata Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, di Sekayu, Sabtu.
Menurut dia, pemaksimalan TP3K sesuai dengan visi dan misi pembangunan perkebunan dalam rangka menyukseskan penerapan otonomi daerah secara maksimal.
Tim tersebut merupakan forum koordinasi dan konsultasi antarinstansi yang berkaitan dengan kegiatan perkebunan sehingga kebijakan dan langkah-langkah dari masing-masing instansi bisa diterapkan dengan baik.
Selain itu juga berperan untuk menunjang dan mengamankan, memecahkan masalah-masalah yang menjadi hambatan, serta memonitor perencanaan dan pelaksanaan proyek pengembangan perkebunan dengan pola kemitraan Perusahaan Inti Rakyat (PIR), Kredit Koperasi Primer untuk Anggota (KKPA), Unit Pelaksana Proyek (UPP) dan Perusahaan Besar Swasta (PBS), katanya.
Dia menjelaskan, TP3K berperan mendorong perusahaan perkebunan menjalankan program kemitraan di desa-desa sekitar lokasi lahan yang dikuasai perusahaan.
“Program kemitraan yang didorong dan pelaksanaan diawasi secara ketat oleh TP3K seperti persawahan, tanaman perkebunan kelapa sawit, peternakan ayam, kambing, sapi, itik, perikanan darat atau kerambah serta menggali potensi desa lainnya,” uja Beni.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + one =