Pemkab Musi Banyuasin Tingkatkan Pemberantasan Penyakit Filariasis

Musi Banyuasin, Sumsel, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan berupaya meningkatkan program pemberantasan penyakit kaki gajah (filariasis) untuk melindungi masyarakat setempat dari ancaman serangan penyakit yang dapat menimbulkan kecacatan tubuh itu.
“Untuk meningkatkan program pemberantasan penyakit kaki gajah atau filariasis itu, kegiatan pemberian obat massal antifilariasis sebagai tindakan pencegahan dan perlindungan masyarakat dari penyakit kaki gajah yang telah berjalan dengan baik selama ini akan lebih digalakkan,” kata Sekda Musi Banyuasin Apriyadi, di Sekayu, Selasa.
Menurut dia, untuk meningkatkan Pemberian Obat Massal Pencegahan (POMP) antifilariasis itu, pihaknya rutin turun ke desa-desa membagikan obat antifilariasis secara gratis dan melakukan sosialisasi pencegahan penyakit kaki gajah.

Melalui peningkatan program pelayanan kesehatan itu, diharapkan dapat dilakukan pencegahan berkembangnya penyakit kaki gajah yang disebabkan oleh cacing filaria dan menular melalui gigitan nyamuk itu, katanya.
Dia menjelaskan, obat antifilariasis sangat perlu dikonsumsi masyarakat di “Bumi Serasan Sekate” ini, karena wabah penyakit tersebut masih sering ditemukan di sejumlah desa dan kecamatan.
Dengan mengonsumsi obat antifilariasis, diharapkan masyarakat bisa terhindar dari penyakit kaki gajah dan dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa harus khawatir terkena penyakit tersebut, ujarnya.
Sementara untuk membantu masyarakat yang terkena penyakit kaki gajah hingga sembuh total, pihaknya menugaskan tenaga kesehatan ke rumah penderita untuk memberikan perawatan secara maksimal dan memantau perkembangan kesehatannya.
Tenaga kesehatan ditugaskan membantu perawatan dengan memberikan obat-obat yang dibutuhkan dan mengecek perkembangan pengobatannya hingga penderita penyakit kaki gajah dipastikan sembuh 100 persen, kata Sekda.(anjas)

Leave a Reply