Pemkab Nias Canangkan Imunisasi Rubella

     Nias, Sumut, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Nias, Sumatera Utara, melakukan pencanangan penggunaan imunisasi campak dan rubella dalam upaya meminimalisasi terjadinya penyakit tersebut serta menyukseskan program pemerintah.
Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli di Gido saat pencanangan imunisasi campak dan rubella, Jumat, mengatakan imunisasi rubella dan campak merupakan program nasional yang diperuntukkan bagi anak usia 9 bulan sampai 15 tahun.
Tujuan imunisasi tersebut untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella bagi anak usia 9 bulan sampai 15 tahun tanpa memperhatikan status imunisasi sebelumnya.
“Rubella adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, dan apabila menyerang wanita hamil akan menyebabkan abortus dan kelainan bawaan bayi yang dilahirkan,” katanya.

       Kelainan bawaan bayi yang dilahirkan akibat penyakit rubella adalah kelainan jantung, kebutaan, ketulian dan kelainan pada sistim saraf pusat dan retardasi mental.
Dia meminta kepala dinas kesehatan beserta jajarannya melaksanakan imunisaai measles dan rubella kepada seluruh sasaran dengan penuh dedikasi dan pengabdian serta sesuai mekanisme dan prosedur.
Kepala dinas pendidikan, kepala sekolah dan kepala desa juga diminta mendukung program tersebut dan memastikan seluruh sasaran mendapat atau mengikuti imunisasi campak dan rubella di seluruh daerah itu.
“Kita harus saling membantu agar program itu benar-benar berjalan dengan baik dan mencakup semua anak usia 9 bulan hingga 15 tahun,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + 11 =