Pemkab Ogan Komering Ulu Sosialisasi Pengarustamaan Gender

Baturaja, jurnalsumatra.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menggelar sosialisasi Focal Point Pengarustamaan Gender (PUG) untuk percepatan dalam pengarustamaan gender di wilayah setempat.

Kepala Dinas PPPA Ogan Komering Ulu Arman di Baturaja, Jumat, mengungkapkan sosialisasi tersebut diikuti puluhan peserta perwakilan dari seluruh kecamatan di kabupaten itu.

  Ia menjelaskan kegiatan itu menjadi agenda nasional dalam rangka pembangunan nasional yang mengacu pada Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 dan Permendagri Nomor 67 Tahun 2011 tentang strategi percepatan pelaksanaan pengarustamaan gender melalui Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG).

Dia menjelaskan pengarusutamaan gender salah satu tujuan utama pembangunan global, hasil kesepakatan negara-negara sedunia yang mengharuskan semua laki-laki dan perempuan dilibatkan secara optimal dalam pembangunan dengan mengedepankan prinsip-prinsip kesetaraan.

“Keadaan gender ini sangat penting dan harus direspons dalam setiap aktivitas pembangunan, khususnya di Kabupaten OKU (Ogan Komering Ulu),” katanya.

Oleh sebab itu, ia berharap, setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di pemerintahan daerah setempat memiliki anggaran atau dalam perencanaan dan penganggaran harus responsif gender sebagai langkah percepatannya.

Arman mengemukakan sosialisasi tersebut untuk meningkatkan pengetahuan Tim Focal Point PUG OPD dalam rangka menyamakan pemahaman dan memperkuat tim di semua OPD agar PPRG di kabupaten itu terlaksana dengan baik.

“Melalui sosialisasi ini juga diharapkan seluruh OPD dapat mengaplikasikan setiap perencanaan dan penyusunan anggaran yang responsif melalui Gender Analisis Pathway (GAP) dan Gender Buget Statement (GBS),” kata dia.(anjas)