Pemkab Ogan Komering Ulu Tunda Pembayaran TKD

Baturaja, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menunda pembayaran Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) 2019 bagi Aparatur Sipil Negara di pemerintahan daerah setempat untuk dibayarkan tahun depan.
“Sebelumnya pembayaran TKD untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) ini diupayakan dibayar pada pertengahan tahun ini melalui dana APBD Perubahan 2019, namun terpaksa ditunda dan akan diberikan pada 2020,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) OKU, AM Hanafi di Baturaja, Rabu.
Ia menjelaskan, penundaan tersebut disebabkan karena dana yang dianggarkan pada tahun ini belum mencukupi untuk membayar TKD seluruh ASN di pemerintahan daerah setempat.
“Kendalanya karena dananya belum siap sehingga pemberian TKD baru efektif dibayarkan tahun depan,” katanya menjelaskan.
   Berdasarkan perhitungan sementara, kata dia, dana yang harus dipersiapkan Pemerintah Kabupaten OKU untuk pembayaran TKD ribuan ASN dari berbagai golongan tersebut yaitu mencapai Rp110 miliar/tahun.
   “Itu baru hitungan sementara. Untuk nilai anggaran yang pasti masih dalam tahap penghitungan pihak ketiga,” katanya mengungkapkan.
Setiap ASN nantinya akan menerima tunjangan dengan nominal bervariasi disesuaikan dengan beban kerja, tugas, kinerja dan serta kepangkatan pegawai yaitu paling rendah Rp1,5 juta/bulan dan maksimal Rp21 juta/bulan, katanya menjelaskan.
Menurut dia, pemberian TKD dari pemerintah untuk ASN tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai negeri agar lebih semangat dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara.
“Dengan pemberian TKD ini kedepannya para ASN diharapkan lebih disiplin lagi dalam bekerja dan maksimal menjalankan tugas,” harapnya.(anjas)

Leave a Reply