Pemkab OKUTimur Peringati Hari Pangan Sedunia

Martapura, jurnalsumatra.com –  Pemerintahan Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Ketahanan Pangan memperingati Hari Pangan Sedunia ke 39  yang jatuh setiap tanggal 16 Oktober di depan halaman parkir kantor Dinas ketahanan Pangan Kabupaten OKU Timur pada hari Kamis(10/10/2019).

Dengan mengusung Tema: “Teknologi Industri Pertanian Dan Pangan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045” di harapkan Provinsi Sumatera Selatan Khususnya OKU Timur menjadi lumbung pangan Indonesia dengan cara bercocok tanam memakai ilmu teknologi sehingga menghasilkan hasil panen yang maksimal.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan yang baru Junadi SP.MM mengatakan pangan merupakan kebutuhan dasar dunia yang harus di penuhi Baik dari segi kwalitas maupun kuantitasnya karena sangat di pengaruhi terhadap eksistensi dan ketahan hidup manusia.

Junadi juga menambahkan tersedianya pangan yang cukup, beragam, bergizi, seimbang dan aman merupakan persyaratan utama yang harus di penuhi dalam upaya mewujudkan insan yang berharkat dan martabat serta berkualitas, sementara itu indek ketahanan pangan sesuai dengan hasil data dari kementrian pertanian Badan Ketahanan Pangan Pusat bahwa Kabupaten Ogan komering Ulu Timur peringkat ke 83 dari 416 Kabupaten se Indonesia, data ini menyatakan bahwa Kabupaten OKU Timur Skor Indek Ketahanan Pangan 78,49 yang menyatakan bahwa ketahanan pangan Kabupaten OKU Timur sangat baik, terang Junadi selaku KADIN Ketahanan Pangan OKU Timur tersebut.

Sementara itu dalam paparanya Bupati OKU Timur HM. Kholid Mawardi S, Sos, Msi menambahkan masyarakat OKU Timur harus pintar dalam bercocok tanam dan menggunakan teknologi seperti negara Thailand yang hasil tanamannya sudah berhasil dengan baik, pangan sendiri merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, industri dan konsumen yang saat ini harus memulai dan mengantisipasinya dengan mengimplementasikan sistem mutu pangan, tegas Bupati.

Turut hadir dalam memperingati Hari Pangan Sedunia ke-39, Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya SH.SIK, Dandim 0403 Letkol Agung Widodo,Kajari yang di wakili, Kepala Dinas, Camat, Kades, serta tamu undangan lainnya. (Iwn)