Pemkab Peringati HUT Ke-429 Kota Meulaboh

     Meulaboh, Aceh, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-429 Kota Meulaboh, yang saat ini menjadi nama ibu kota kabupaten.
“Dalam usia yang ke-429 tahun ini, Kota Meulaboh terus tumbuh menjadi daerah yang  semakin berkembang,” kata Bupati Aceh Barat, H Ramli, MS, dalam pidatonya pada upacara HUT dibacakan Kajari Aceh Barat, Ahmad Sahruddin, di Meulaboh, Selasa.
Pemberian nama Meulaboh, beranjak dari cerita dan filosofi akan nilai-nilai luhur yang menjadi penguat dan ke-khasan sejarah. Referensi awal adalah hari naik tahta Sultan Alaudin Ri’ayat Syah yang bergelar Sayyid Al-Mukammil pada 11 Oktober 1588.
Atas dasar tanggal itupula, Pemkab Aceh Barat bersama legislatif serta tokoh di daerah menetapkan sebagai hari jadi Meulaboh yang pada tahun 2017 ini telah beruia 429, umur yang terbilang panjang dalam perjalanan hingga terbentuk bangsa Indonesia.

     “Meulaboh, bukanlah daerah baru, yang masih harus mencari jati diri, dengan segenap kemampuan dan potensi yang kita miliki. Momentum HUT Meulaboh tahun ini, mari kita terus berkarya yang terbaik untuk daerah dan Tanah Air kita,” sebutnya.
Ramli, MS menyampaikan, terhadap lajunya pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah untuk ke depan, sangat diharapkan dukungan semua pihak, terutama jajaran pemerintah instansi vertikal maupun dunia usaha serta semua elemen masyarakat.
Kabupaten Aceh Barat, yang selama ini secara nasional lebih dikenal Meulaboh memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, mewujudkan pembangunan masyarakat yang islami dan mandiri dibidang ekonomi merupakan tujuan bersama.
“Kita semua harus bersinergi di bawah visi yang sama, yaitu mewujudkan Aceh Barat yang islami, pembangunan infrastruktur dan ekonomi kerakyatan yang transparan, kredibel, akuntabel dan terintegritas,” demikian Ramli, MS.
Kota Meulaboh sebagai Ibu Kota Kabupaten Aceh Barat, sudah sangat lama diusulkan memiliki Kotamadya Meulaboh, layaknya daerah maju dan berkembang lainnya di Aceh, akan tetapi hingga 2017, tidak pernah disetujui pemerintah pusat.
Padahal secara kewilayahan Provinsi Aceh saat ini terdapat 23 kabupaten/ kota, Meulaboh merupakan sebutan nama ibu kota tertua di belahan pantai barat Aceh, termasuk wilayah timur dan utara Aceh yang kini sudah memiliki beberapa Kotamadya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 16 =