Pemkab Probolinggo Berikan Bantuan Korban Banjir Bandang

    Probolinggo, jurnalsumatra.com  –  Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, memberikan bantuan kepada korban banjir bandang di wilayah setempat berupa kebutuhan pokok sehari-hari untuk warga yang terdampak bencana tersebut.
“Ibu Bupati Tantriana Sari sudah memberikan bantuan kepada korban banjir bandang yang kebetulan diundang ke pendopo Kecamatan Tiris,” kata Kepala Dinas Kominfo Pemkab Probolinggo Tutug Edi Utomo di Kabupaten Probolinggo, Selasa.
Bupati Probolinggo bersama Sekretaris Daerah Soeparwiyono dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Probolinggo juga sudah meninjau lokasi yang terdampak banjir bandang di Desa Andungbiru, Kecamatan Tiris, Senin (5/2).
Lokasi pertama yang dikunjungi yakni RT 25 Dusun Tunggangan, Desa Andungbiru yang menyaksikan langsung areal pemukiman dan persawahan yang diterjang banjir bandang, serta satu jembatan hanyut terbawa banjir bandang di dusun itu, sehingga untuk sementara dibangun jembatan darurat dari bambu untuk penyeberangan warga.

“Di Dusun Tunggangan, Bupati kembali memberikan bantuan berupa kebutuhan pokok sehari-hari untuk warga setempat yang terdampak banjir bandang,” tuturnya.
Peninjauan dilanjutkan ke SDN Andungbiru 1 yang juga cukup parah terkena terjangan banjir bandang karena kondisi beberapa bangunan sekolah mengalami kerusakan cukup parah, bahkan kamar mandi sekolah dan beberapa bagian halaman belakang sekolah ikut tergerus banjir bandang.
Sementara Bupati Probolinggo P Tantriana Sari mengatakan langkah-langkah penanganan dan penanggulangan dampak bencana telah dilakukan dengan baik oleh OPD dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian bencana tersebut.
“Saya juga mengingatkan kondisi cuaca yang kurang bersahabat dengan curah hujan tinggi menuntut kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat untuk menghadapi kemungkinan terburuk yang bisa terjadi,” katanya.
Banjir bandang menerjang empat desa di Kecamatan Tiris yakni Desa Andungbiru, Andungsari, Ranu Agung dan Desa Tiris pada Kamis (1/2) petang yang menyebabkan rumah warga, jembatan, dan fasilitas sekolah rusak, kemudian delapan kandang sapi, dua ekor sapi, puluhan ekor ayam, perabot dapur milik warga hanyut terbawa banjir bandang.(anjas)

Leave a Reply