Pemkab Rokan Hilir Bangun Hutan Kota

Bagansiapiapi, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, membangun hutan kota di Bagansiapiapi, ibu kota daerah itu, di Jalan Kecamatan, Kepenghuluan Bagan Punak Meranti, Kecamatan Bangko dengan luas lahan lebih kurang enam hektare.

  Bupati Rokan Hilir Suyatno saat menghadiri pencanangan pembangunan hutan kota di Bagansiapiapi, Senin, mengatakan dahulu lokasi itu semak belukar, namun secara bertahap dibenahi menjadi hutan kota.

  “Saya juga terkesima melihat kawasan hutan ini sudah dipoles secara bertahap,” katanya.

  Dia mengatakan di samping kawasan itu dijadikan hutan kota, sekaligus objek wisata.

  Ia meminta kepada kepala Dinas Lingkungan Hidup Rokan Hilir untuk mengisi danau yang ada di hutan kota itu dengan ikan dan memperluas areal itu.

  Selain itu, sebut dia, di dalam hutan ini harus ada tiang listrik, lampu sorot yang berwarna-warni agar terlihat indah saat malam hari.

  Ia juga mengemukakan pentingnya rumah pohon, panggung hiburan, termasuk jalan masuk yang harus lebar.

  “Jadi, tahun ini insyaallah kita bangun dengan menelan biaya lebih kurang Rp7 miliar. Nanti kalau ada perubahan atau penambahan nanti di 2021 akan kita benahi terus, sehingga ini menjadi sebuah kawasan yang representatif untuk kita jadikan objek wisata,” kata dia.

  Ia mengharapkan, semua pihak menjaga kawasan hutan kota itu.

  “Jangan sampai kayu-kayu yang ada ditebang, karena ini hutan akan kita poles, di samping kita lestarikan hutan yang ada di lingkungan ini juga sekaligus untuk pariwisata kita,” ujar Suyatno.

  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rokan Hilir Suwandi mengatakan tahun lalu  sudah dimulai penataan hutan kota itu, termasuk danau.

  Danau itu, katanya, ke depan akan dilengkapi dengan fasilitas permainan anak-anak, patung hewan, air terjun, dan air mancur.

  “Insyaallah 2020 kita sudah mempunyai hutan kota yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata dia.

  Suwandi juga mengharapkan dukungan, terutama masyarakat Kepenghuluan Bagan Punak Meranti, Kecamatan Bangko, agar bersama-sama menjaga hutan kota itu dengan tidak menebang pohon dan menjaga kebersihannya.(anjas)