Pemkab Serahkan Klaim Asuransi Nelayan Rp2,4 Miliar

      Painan, Sumbar, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menyerahkan klaim asuransi sebesar Rp2,4 miliar bagi 15 nelayan setempat yang meninggal dunia sepanjang 2017.
“Karena 15 nelayan itu meninggal dunia secara alami bukan pada saat melaut, maka masing-masing keluarganya menerima klaim Rp160 juta, sementara jika meninggal di laut klaimnya bisa mencapai Rp 200 juta,” kata Kepala Bidang Tangkap Dinas Perikanan Pesisir Selatan Afriman Julta di Painan, Selasa.
Ia menambahkan klaim asuransi itu langsung dibayarkan oleh pihak PT Jasindo sebagai pengelola dan pihaknya hanya menyerahkannya saja.
Klaim asuransi yang diterima keluarga nelayan bermula dari informasi yang diterima terkait adanya nelayan yang meninggal dunia, selanjutnya penyuluh perikanan akan memastikan kebenaran itu.

      Nelayan yang sudah terdaftar sebagai peserta asuransi maka keluarganya diminta untuk melengkapi beberapa berkas seperti kartu nelayan, kartu sebagai peserta asuransi dan lainnya.
Berikutnya mengisi formulir pengajuan klaim yang ditujukan kepada pengelola asuransi.
“Dengan adanya klaim asuransi itu diharapkan ahli waris bisa menggunakannya untuk mencukupi keperluan keluarga,” ujarnya.
Pada 2016 sebanyak 1.652 nelayan di daerah itu tercatat sebagai peserta asuransi.
Masing-masing nelayan hanya mendapat kesempatan satu kali untuk menjadi peserta asuransi, dan pada tahun berikutnya posisi nelayan yang telah menjadi peserta asuransi digantikan oleh nelayan lainnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 2 =