Pemkab Siapkan Rp5 Milar Bangun Jalan Pinogu

     Gorontalo, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menyiapkan anggaran sebesar Rp5 miliar untuk membangun jalan menuju kecamatan terpencil Pinogu.
Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, Sabtu, mengatakan bahwa dana tersebut berasal dari dana afirmatif sebesar Rp3 miliar dan Rp2 miliar dari dana desa.
“Kami juga mengajak para kepala desa dalam menyelesaikan pembangunan jalan ke Kecamatan Pinogu,” ucapnya.
Ia menjelaskan bahwa dana yang disiapkan tersebut digunakan untuk membeli eskavator mini serta pembangunan jalan.

“Karena jalan menuju Pinogu melintasi Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, maka kami hanya bisa membangun jalan selebar dua meter saja karena terkait perizinian,” ungkapnya.
Jika pemkab ingin memperlebar jalan tersebut, hal itu cukup memungkinkan dengan catatan pemerintah daerah harus mengganti lahan yang dipakai untuk pembangunan jalan agar tetap mempertahankan areal Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.
“Dengan berbagai keterbatasan, kami akan terus melakukan pembangunan jalan ke Pinogu agar masyarakat bisa semakin menikmati pembangunan,” ucapnya.
Sejak tahun 2013, Pemkab Bone Bolango telah membangun jalan kurang lebih sepanjang enam kilometer menuju kecamatan Pinogu.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 3 =