Pemkab Siapkan Rumah Singgah Bagi Korban Kekerasan

     Minahasa Tenggara, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A)  menyiapkan rumah singgah bagi  korban kekerasan perempuan dan anak.
“Fasilitas ini merupakan bentuk perlindungan, sekaligus untuk pendampingan bagi para korban tindak kekerasan,”kata Kepala DP3A Minahasa Tenggara Phebe Punuindoong di Ratahan, Sabtu.
Dia menambahkan, rumah singgah tersebut menyiapkan sejumlah sarana pendukung, dan tenaga ahli yang khusus menangani para korban kekerasan.
“Untuk fasilitasnya lengkap seperti tempat tidur, dan beberapa fasilitas lainnya. Ada juga psikolog, dan dokter yang melakukan pendampingan,” ujarnya.

Lebih lanjut Phebe meminta masyarakat yang menjadi korban tindak kekerasan, agar langsung melaporkan ke DP3A.
“Kalau ada yang menjadi korban kekerasan langsung laporkan, karena kita akan memberikan perlindungan kepada mereka,” tandasnya.
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Tenggara Corry Kawulusan meminta agar keberadaan rumah singgah tersebut dimanfaatkan sesuai peruntukannya.
“Kami sudah menyiapkan anggaran agar perlindungan bagi para perempuan maupun anak-anak dapat ditangani dengan baik. Makanya kami minta rumah singgah benar-benar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujarnya.
Dia menambahkan, pihak DPRD akan memberikan dukungan bagi Pemkab Minahasa Tenggara dalam penanganan dan penyelesaian kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak.(anjas)

Leave a Reply