Pemkab Tangerang Berikan Dana Hibah 100 Pesantren

    Tangerang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, memberikan dana hibah kepada 100 pondok pesantren yang tersebar di 29 kecamatan untuk pembangunan sanitasi.
“Tiap pesantren menerima Rp60 juta untuk membangun jamban dan sarana kebersihan lainnya,” kata Kepala Bidang Prasarana Wilayah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkab Tangerang Erwin Mawandi di Tangerang, Rabu.
Erwin mengatakan pemberian hibah itu melalui aparat Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang dengan syarat utama penerima adalah pondok pesantren yang  telah beroperasi minimal selama tiga tahun.
Dana hibah tersebut untuk pembangunan sanitasi berbasis pondok pesantren yang dananya berasal dari APBD tahun 2018.
Erwin mengatakan setiap pesantren yang mendapatkan dana itu harus dikerjakan secara swakelola dan diawasi aparat Pemkab Tangerang dan Kemenag setempat.
“Pekerjaan tidak diperkenankan melalui pihak ketiga, artinya ada pengusaha atau pemborong yang mengerjakan,” katanya.

     Dia mengatakan pengurus pesantren harus membuat proposal, penyusunan program pembangunan hingga laporan pertanggungjawaban pengunaan dana hibah.
Sedangkan pihaknya sudah membuat Rencana Anggaran Belanja (RAB) dan rancangan teknis secara menyeluruh.
Sesuai jadwal bantuan hibah dilaksanakan mulai Februari hingga April 2018 dan pembangunan sanitasi mulai Mei 2018 dan pekerjaan rampung 17 Agustus 2018.
Menurut Erwin, hasil pendataan terdapat 65 persen pondok pesantren di wilayah itu belum memiliki jamban dan sanitasi akibatnya banyak santri menderita sakit kulit dan penyakit lainnya.
Pemberian hibah kepada 823 pesantren di 29 kecamatan itu dilakukan secara bertahap.
Dia menambahkan bantuan hibah ke sejumlah pesantren terkendala karena banyak yang belum memiliki badan hukum. Selama ini pesantren hanya mendapatkan dana dari APBN dan hanya sebagian yang menerima karena tidak memiliki badan hukum.
Mekanisme penyaluran hibah melalui Kemenag setempat, kemudian diserahkan kepada pimpinan pondok pesantren ditransfer ke rekening masing-masing pondok pesantren.(anjas)

Leave a Reply