Pemkab Tangerang Optimalkan Pelayanan Kesehatan Warga Pesisir

     Tangerang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi warga di kawasan pesisir dengan membangun RSUD Pakuhaji senilai Rp22,47 miliar karena selama ini harus berobat ke Jakarta.
“Ini menjadi prioritas kami agar pelayanan medis di wilayah pantai Utara dapat ditangani lebih baik,” kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar di Tangerang, Selasa.
Ahmed mengatakan proyek RSUD Pakuhaji merupakan yang ketiga di daerah ini setelah dibangun RSUD Balaraja tahun 2013 dan RSUD Tangerang.
Menurut dia, satu-satunya daerah di Provinsi Banten yang memiliki tiga RSUD hanya di Kabupaten Tangerang.
Dia mengatakan RSUD Pakuhaji direncanakan beroperasi pekan terakhir Januari 2018 karena berbagai sarana maupun prasarana pendukung rumah sakit sudah dibangun.
Pihaknya telah merampungkan proyek RSUD Pakuhaji dan terakhir pekerjaan ruang rawat inap empat lantai mengunakan dana APBD setempat.
Sedangkan untuk peresmian itu telah dipersiapkan tenaga admistrasi, medis maupun pendukung lainnya dan RSUD tersebut langsung beroperasi.

     Bahkan telah tersedia sebanyak 60 pegawai bidang medis, dokter, admistrasi, teknis maupun bidang lainnya demi menunjang kelancaran operasional RSUD Pakuhaji.
RSUD Pakuhaji merupakan rumah sakit tipe C, mampu melayani kebutuhan medis warga pesisir yang tersebar pada 12 kecamatan.
Namun keberadaan RSUD Pakuhaji sangat dibutuhkan warga karena selama ini mereka harus berobat ke RSUD Tangerang, RSUD Balaraja yang lokasinya relatif jauh.
Warga kawasan pesisir bila hendak berobat atau membutuhkan bantuan medis harus ke Jakarta memerlukan waktu lama dan biaya yang mahal.
Sebelumnya, proyek RSUD Pakuhaji sesuai amanah Peraturan Bupati (Perbup) No.36 tahun 2017 tentang Pembentukan Satuan Operasional Teknis Kerja (SOTK).
Ruang rawat inap RSUD Pakuhaji dibangun empat lantai pada areal sekitar 10 hektare mengunakan dana APBD Pemkab Tangerang tahun jamak dengan dana sebesar Rp22,47 miliar dikerjakan oleh PT Etona Cemerlang Abadi.(anjas)

Leave a Reply