Pemkot Akan Kirim Bantuan Ke Lombok Timur

     Mataram, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan mengirim bantuan kepada para korban banjir di Kabupaten Lombok Timur untuk meringankan beban para korban.
“Bantuan kami dihimpun dari pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) di kota ini,” kata Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh seusai memimpin apel siaga bencana di Mataram, Senin.
Dikatakan, pengiriman bantuan ke Kabupaten Lombok Timur akan dilakukan seperti halnya pemerintah kota telah membantu korban-korban banjir di daerah seperti di Bima pada Januari 2017.
Banjir yang terjadi di Kabupaten Lombok Timur pada Sabtu (18/11) petang disebabkan meluapnya bendungan Pandandure di Suwangi karena meningkatnya intensitas hujan selama tiga hari dan terjadi di dua kecamatan, yakni Kecamatan Keruak dan Kecamatan Jerowaru yang merupakan banjir yang pertama terjadi di wilayah Kabupaten Lombok Timur bagian selatan.
Wali kota mengatakan, penghimpunan bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian, simpati dan rasa kemanusiaan dari pejabat serta masyarakat Kota Mataram.
Bantuan yang akan dikirim bukan dalam bentuk uang tunai melainkan dalam bentuk barang-barang kebutuhan para korban banjir di Lombok Timur.

     Beberapa jenis bantuan yang akan dikirim untuk membantu para korban banjir itu antara lain, beras, air mineral, makanan siap saji, perlengkapan bayi, pakaian serta peralatan sekolah dan pakaian layak pakai yang dihimpun melalui posko-posko bencana yang ada.
“Semoga bantuan yang akan kita berikan dari penggalangan dana untuk korban banjir Lombok Timur, bisa meringankan beban para korban banjir,” katanya.
Sementara menyinggung tentang pengiriman relawan, Kepala Bidang Pencegahan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram Kurnia Mulyadi, mengatakan sejauh ini belum ada rencana untuk pengiriman tim relawan.
“Bukanya kami tidak ingin mengirim, tapi kita juga harus antisipasi dan siaga bencana karena cuaca ekstrem sudah mulai terjadi,” katanya.
Dikhawatirkan, ketika BPBD mengirim relawan membantu korban banjir di Lombok Timur, terjadi bencana di Mataram yang juga sangat membutuhkan bantuan. Apalagi Mataram wilayah hilir.
Oleh karena itu, untuk sementara bantuan yang akan dikirim pemerintah kota sebatas bantuan kebutuhan pokok belum untuk pengiriman relawan.
“Saat cuaca ekstrem sekarang ini, 60 orang petugas kami siaga 24 jam dan dibagi tiga sif,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply