Pemkot Bantu Korban Kebakaran Desa Pangkal Duri

Jambi, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Jambi mengirim bantuan kemanusiaan untuk korban kebakaran di Desa Pangkal Duri Kecamatan Mendahara Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi.

  “Bantuan kemanusiaan yang kita kirim ini merupakan donasi dari masyarakat kota jambi, Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Jambi dan Baznas,” kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi.

  Bantuan kemanusiaan yang dikirimkan tersebut berupa paket bahan makanan, pakaian layak pakai, perlengkapan sekolah hingga perlengkapan sholat seperti mukena, serta uang tunai untuk setiap kepala keluarga yang menjadi korban kebakaran.

  Paket bantuan yang dipilih tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh bagian kesejahteraan rakyat sekretariat daerah pemerintah kota itu yang sebelumnya telah turun ke lokasi kebakaran. Berdasarkan hasil survei tersebut bantuan itulah yang saat ini dibutuhkan bagi korban kebakaran.

  Donasi yang berhasil di kumpulkan oleh Kota Jambi berjumlah Rp123 juta. Pemerintah kota itu tidak menutup kemungkinan untuk kembali menyalurkan bantuan bagi korban kebakaran, karena donasi bantuan untuk korban kebakaran tersebut masih dibuka.

  Sekira pukul 17.00 WIB bantuan kemanusiaan untuk korban kebakaran di Desa Pangkal duri dilepas oleh Walikota Jambi. Diperkirakan bantuan tersebut baru akan sampai ke lokasi kebakaran pada Kamis pagi (16/5). Hal itu dikarenakan akses menuju lokasi kebakaran cukup sulit.

  Karena untuk sampai ke lokasi kebakaran harus menempuh perjalanan darat dan laut. Selain itu untuk melakukan penyeberangan melalui jalur laut harus memperhatikan waktu pasang surut air laut, karena jika air laut dalam keadaan surut bantuan tidak bisa langsung sampai ke pelabuhan penyeberangan di Desa Pangkal Duri.

  “Maka dari itu bantuan kemanusiaan ini terlebih dahulu kita kirim, baru setelahnya kita menyusul,” kata Syarif Fasha.

  Kegiatan sosial yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Jambi itu merupakan bantuan sosial yang dilakukan untuk kesekian kalinya. Dimana pemerintah kota itu selalu membuka donasi bantuan dan mengirimkan bantuan kemanusiaan setiap terjadi bencana alam. Seperti bencana alam yang terjadi di Palu dan Donggala, gempa bumi di Lombok serta Tsunami yang terjadi di Serang dan Lampung.

  “Kami selaku pemerintah Kota Jambi mengucapkan terimakasih kepada seluruh dermawan yang telah mendonasikan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang tertimpa musibah kebakaran di Desa Pangkal Duri Tanjung Jabung Timur,” kata Syarif Fasha.(anjas)