Pemkot Batam Rencanakan Lelang Jabatan Pada Januari

     Batam, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau berencana melakukan lelang jabatan eselon 2 mulai Januari 2018, untuk mengisi jabatan kosong yang ditinggal pensiun pejabat yang lama.
“Pada Januari kami akan meminta izin ke pusat, karena untuk eselon 2 harus izin ke pusat,” kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Batam, Senin.
Wali Kota menerangkan, pejabat di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah akan memasuki masa purna bakti pada April dan Mei 2018. Karena itu, dua bulan sebelum pensiun, Pemkot harus mempersiapkan penggantinya, melalui lelang jabatan, sesuai dengan syarat dari pemerintah pusat.
Sayang, Rudi enggan menjelaskan posisi jabatan eselon 2 yang akan dilelang pada tahun depan.
“Jangan disebut, ini sensitif,” kata dia.
Wali Kota juga menolak memberi tahu jumlah pejabat yang memasuki masa pensiun, termasuk jumlah jabatan yang akan dilelang.
Selain mengganti pejabat yang memasuki masa pensiun, lelang jabatan juga untuk mengganti beberapa pejabat dari jabatan sebelumnya dalam rotasi, juga mutasi.

     “Yang kami anggap belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pelayanan pemkot, kami geser,” kata Wali Kota menegaskan.
Pemerintah ingin semua pejabat memberikan pelayanan maksimal. Bila tidak, maka akan diganti dengan pejabat lain yang dianggap mumpuni.
Saat ini, satu jabatan eselon 2 kosong, setelah kepala dinasnya menjadi tersangka operasi tangkap tangan Polda Kepri, yaitu Dinas Lingkungan Hidup.
Dinas Lingkungan Hidup hingga kini masih dipimpin penjabat pelaksana harian.
Sementara itu, Wali Kota menyatakan dalam waktu dekat akan melakukan rotasi, mutasi dan promosi jabatan.
“Dalam waktu dekat, tidak untuk eselon 2, tapi untuk eselon 3 ke bawah. Karena untuk eselon 2 harus memperoleh izin dari pusat,” kata dia.(anjas)

Leave a Reply