Pemkot Berikan “Satya Yasa Cundamani” Warga Berprestasi

Kediri,jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, memberikan penghargaan berupa “Satya Yasa Cundamani 2018” kepada warganya sebagai bentuk apresiasi, karena dinilai telah berjasa dan mengharumkan nama daerah ini.
“Pemkot memberikan penghargaan ini yang artinya penghargaan permata terbaik di Kota Kediri 2018. Saya juga apresiasi, menyampaikan ke orang tua dari penerima penghargaan yang telah memberikan dukungan penuh pada mereka,” kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Kediri, Rabu (12/12) malam.
Pemberian penghargaan itu diselenggarakan di IKCC Insumo Kota Kediri dengan pemberian medali. Spesifikasi dari medali ini adalah diameter 8 centimeter, berat 113 gram, bahan dasar logam kuningan dan permukannya dilapisi emas murni.
Terkait dengan filosofi medali, untuk talinya dari tenun ikat bandar yang motifnya tirto tirdjo. Corak ini terinspirasi dari aliran air sungai brantas yang saat kemarau tidak pernah mengering. Perpaduan warna di tenun juga berwarna warni sehingga kontras.
Motif ini melambangkan masyarakat Kediri yang dengan segala keberagamannya mampu hidup dalam keharmonisan dan semangat gotong royong tanpa berhenti bersama membawa Kota Kediri menjadi kota maju.
Untuk desain medali, bagian permukannya memiliki aksen pancaran sinar matahari, melambangkan semangat yang dimiliki warga Kota Kediri yang tidak kenal padam memberikan yang terbaik pada kotanya, sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Wali Kota menambahkan pemberian penghargaan itu merupakan tahun kedua. Ke depan, Pemkot terus akan memberikan penghargaan, dengan harapan bisa memacu motivasi agar warga semakin berprestasi.
“Insyaallah akan terus kami adakan agar semakin banyak yang termotivasi dan berprestasi. Dengan kontribusi warga yang terbaik Kediri akan siap untuk menghadapi era 4.0, baik di saat ini dan masa akan datang,” kata dia.
Ia juga berpesan agar masyarakat terutama generasi muda untuk tidak pernah berhenti belajar, terlebih lagi persaingan di era globalisasi ini juga semakin ketat.
Selain itu, ia mengharapkan semua pihak ikut menjaga kondusifitas agar Kediri menjadi kota yang bisa mengharumkan Indonesia.
Dalam kegiatan ini, Pemkot memberikan penghargaan baik pada perorangan dan kelompok masyarakat yang mempunyai prestasi dengan kompetisi berkredibilitas tingkat nasional dan internasional kurun waktu September 2017 hingga September 2018 dalam bidang apapun.
Sedangkan untuk kategori khusus berdedikasi, yakni seseorang atau kelompok yang memiliki prestasi pengabdian, dedikasi dan edukasi dalam melaksanakan tugas atau profesinya yang berimplikasi atau berdampak dalam pembangunan masyarakat atau perekonomian Kota Kediri yang sifatnya dari hasil bukan kompetisi.
Penghargaan ini diberikan pada yang sudah berprestasi baik tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), kategori umum hingga khusus berdedikasi (bukan kompetisi). Jumlah penerimanya adalah 139 orang warga Kota Kediri.
Kegiatan itu selain dihadiri Wali Kota, juga seluruh pejabat di organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Kediri, tamu udangan hingga penerima penghargaan.(anjas)

Leave a Reply