Pemkot Mataram Bentuk Desk Pilkada

     Mataram, jurnalsumatra.com –  Pemerintah Kota Mataram,  membentuk desk pemilihan kepala daerah untuk menyukseskan pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat tahun 2018.
Asisten I Setda Kota Mataram Lalu Martawang seusai memimpin pembentukan Desk Pilkada Kota Mataram di Mataram, Senin, mengatakan, desk pilkada ini merupakan persiapan awal untuk menyambut pesta demokrasi 2018.
“Pembentunan desk pilkada ini dimaksudkan untuk mempersiapkan segala sesuatu agar lebih terkoordinatif berasama para pemangku kepentingan sehingga bisa menyukseskan kegiatan pilkada,” katanya.
Desk pilkada, lanjutnya, juga sebagai wadah utuk mempermudah koordinasi dan interaksi bersama para pemangku kepentingan untuk mendukung penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU.
“Untuk sementara, sekretariat desk pilkada menempati Kantor Bagian Pemerintahan Kota Mataram sebagai  sekretariat,” katanya menambahkan.
Pembentukan desk pilkada tersebut dihadiri juga oleh Kapolres Mataram AKBP Muhammad, SIK, Dandim 1606 Lobar, serta camat dan lurah se-Kota Mataram.
Kapolres Mataram AKBP Muhammad yang ditemui seusai pembentukan desk pilkada, memberikan apresiasi terhadap pemerintah kota untuk pembetukan desk pilkada.
Ini merupakan kegiatan untuk mendukung pemerintah menciptakan pelaksanaan pilkada yang aman dan lancar, karena dalam pelaksanana pilkada banyak kerawanan-kerawanan dan potensi konflik.
“Karena itu, harus diantisipasi salah satunya dengan melakukan deteksi dini salah satunya melalui desk pilkada,” katanya.
Desk pilkada, lanjutnya, salah satunya bisa menjadi wadah memfasilitasi dan memonitor kekuranga yang ada pada penyelenggara dalam hal ini KPU dan Panwaslu.
Menurutnya, semakin banyak yang diawasi maka akan semakin banyak kekurangan-kekurangan yang dapat diperbaiki dan selesaikan.
“Dengan demikian, ketika tahapan sudah berlangsung maka tidak ada lagi masalah-masalah yang berpotensi mengganggu kelancaran proses pelaksanaan pilkada,” katanya.(anjas)

Leave a Reply