Pemkot Mataram Usulkan Penataan Pantai Gading

     Mataram, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, mengusulkan penataan Pantai Gading yang berada di bagian selatan kota agar bisa menjadi destinasi pariwisata yang layak di kota tersebut.
“Sejak dibukanya objek wisata Pantai Gading akhir tahun 2015, kini warga sekitar sangat antusias melakukan penataan sehingga perlu mendapat dukungan pemerintah provinsi untuk melengkapi fasilitas yang ada,” kata Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jumat.
Ia mengatakan, kondisi Pantai Gading saat ini sudah cukup tertata dibandingkan tahun sebelumnya, dengan berbagai fasilitas pelengkap dan penunjang yang dibangun pemerintah kota.
Fasilitas yang dimaksudkan antara lain, penyediaan lapak kuliner untuk pedagang kaki lima (PKL), penyediaan “berugak” atau gazebo, musala, toilet serta fasilitas lainnya.

“Namun demikian, kita tetap membutuhkan dukungan dari Dinas Pariwisata NTB untuk melanjutkan penataan Pantai Gading agar lebih layak menjadi sebuah destinasi wisata pantai di daerah ini,” katanya.
Di antaranya, melakukan penataan pedestrian, penambahan gazebon, penataan pedagang, akses jalan, serta kuliner spesifik yang menjadi andalan di Pantai Gading.
“Wisatawan mencari sesuatu yang spesifik, seperti halnya wisatawan ke Ampenan cederung ingin melihat kota tua, bukan pantainya,” katanya.
Dikatakan, saat ini perkembangan Pantai Gading mengarah ke kuliner ikan bakar, sehingga hal itu harus mendapat atensi dari pemerintah provinsi untuk melakukan pembinaan dan penataan kepada pedagang sehingga para pedagang bisa memberikan pelayanan sesuai standar pariwisata.
Menurut dia, pelayanan yang baik serta cita rasa dari ikan bakar atau “seafood” di Pantai Gading bisa menjadi daya tarik wisatawan.
Seperti halnya, pusat kuliner “seafood” di Pantai Nipah Kabupaten Lombok Barat bisa tumbuh dan berkembang karena kekhasan dari kuliner yang disajikan.
Dengan demikian, Pantai Gading bisa dikenal secara luas dan bisa menjadi tujuan wisatawan maka berbagai fasilitas di Pantai Gading harus ditambah dan ditata.
“Kalau sudah tertata maksimal, kita bisa mempromosikan Pantai Gading menjadi salah satu destinasi pariwisata andalan di Kota Mataram dan NTB umumnya,” kata wakil wali kota.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + fifteen =