Pemkot Medan Terapkan Penyampaian Lhkpn Berbasis Elektronik

   Medan, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Medan mulai menerapkan sistem penyampaian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) berbasis elektronik oleh seluruh pejabat yang ada di lingkup pemerintah setempat.
Asisten Umum Setda Kota Medan Ikhwan H Daulay di Medan, Rabu, mengatakan Pemkot Medan terus melakukan berbagai inovasi. Satu di antaranya langkah maju yang dilakukan adalah dengan meningkatkan sistem pelaporan LHKPN bagi pejabat di Kota Medan.
Selama ini sistem penyampaian LHKPN bagi Pejabat Pemkot Medan masih bersifat manual, namun dengan dimulainya sistem penyampaian LHKPN berbasis elektronik akan mempermudah penyampaian dan penyimpanan database kekayaan pejabat di daerah itu.
Karena dengan diberlakukannya sistem tersebut nantinya seluruh database kekayaan Pejabat Pemkot Medan akan tersimpan secara otomatis dalam server KPK RI.

    Dengan penerapan sistem tersebut menjadikan sistem pelaporan yang lebih mudah, murah dan juga bermanfaat, karena semuanya akan lebih kompleks dan lengkap dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi.
“Kini dengan adanya upaya penyederhanaan sistem oleh KPK ini, diharapkan meningkatkan ketaatan penyampaian serta tidak ada alasan lagi bagi setiap Pejabat untuk tidak menyampaikan LHKPN miliknya,” katanya.
Agar seluruh pejabat di lingkungan Pemkot Medan benar-benar memahami cara pelaporan harta kekayaan berbasis elektronik tersebut, pihaknya juga telah menggelar sosialisasi dengan menghadirkan narasumber dari KPK, Amalia Rosanti.
“Dengan sosialisasi tersebut kami harapkan kedepannya tidak ada lagi pejabat yang terlambat atau tidak menyerahkan LHKPN miliknya kepada KPK,” katanya.(anjas)

Leave a Reply