Pemkot Padangsidimpuan Susun Rencana Aksi Pengarusutamaan Gender

Padangsidimpuan, jurnalsumatra.com – Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Baperlitbang) dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
  Pemerintah Kota Padangsidimpuan menggelar rapat koordinasi dalam upaya menyusun rencana aksi pengarusutamaan gender di daerah itu.

  Wakil Wali Kota Padangsidimpuan Arwin Siregar di Padangsidempuan, Kamis, mengatakan tugas Pokja Pengarusutamaan Gender yang tertuang dalam Permendagri Nomor 15 Tahun 2018 dalam pasal 15, yaitu menyusun rencana aksi daerah.

  Rencana aksi atau strategi yang akan menjadi program kerja dan dilakukan secara rasional serta sistematis tersebut, kata dia, nantinya demi mencapai dan mewujudkan kesetaraan serta keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan manusia.

  “Strategi pengarusutamaan gender ini nantinya harus benar-benar dapat diimplementasikan dalam rangka mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender di daerah ini,” kata dia.

  Ketua Pokja Pengarusutamaan Gender Kota Padangsidimpuan M. Jusar Nasution mengharapkan dalam rapat koordinasi tersebut akan muncul ide-ide bernas yang nantinya menjadi acuan dalam upaya meningkatkan kinerja dan pelaksanaan pengarusutamaan gender.

  Ia mengharapkan masing-masing pokja benar-benar memahami dan saling sinergi untuk menyamakan persepsi, khususnya tentang konsep gender dalam pembangunan.

  “Penyusunan anggaran yang responsif gender merupakan rencana aksi yang telah ditetapkan setiap tahunnya untuk terbentuknya Renja PUG. Untuk itu melalui bimbingan teknis dan pelatihan diharapkan setiap OPD memiliki SDM yang terlatih dalam hal penyusunan anggaran yang responsif gender,” kata dia.(anjas)