Pemkot Palembang Akan Hemat Puluhan Miliar

Palembang, jurnalsumatra.com – .441 titik  pengunaan  penerangan jalan umum (PJU)  lampu jalan listrik bertenaga surya akan menerangi ratusan titik jalan di Kota Palembang.

Pemasangan 10.441 listrik bertenaga surya ini, Selasa (11/8/2020) ditandai pemasangan perdana  oleh Walikota Palembang H.Harnojoyo  di Jalan K.H Azhari  Lorong Pedatuan Laut RT 01 RW01 Kelurahan 12 Ulu Kecamatan Seberang Ulu (SU) II Palembang.CV Sapa Koja.

“Satu tahun kita Pemkot Palembang harus membayar Rp 80 M, untuk lampu jalan, dengan adanya bantuan lampu listrik bertenaga surya dari CV Sapa Koja ini, tentunya kita akan menghemat puluhan miliar dalam satu tahun,” kata Harnojoyo.

Mengapa bisa menghemat biaya anggara? Kata Harnojoyo, listrik bertenag surya ini sumber energinya berasal dari surya atau matahari dengan menampung panas matahari pada siang hari melalui panel sehingga dapat dimanfaatkan untuk menyalakan komponen elektrik untuk lampu, tentunya akan menghemat biaya tagihan listrik konvensional.

“Bisa dibayangkan kalau seluruh lampu jalan di Palembang ini digantikan dengan listrik bertenaga surya, tentu nol rupiah yang kita keluarkan untuk listrik lampu jalan,” ungkap Harnojoyo.

Nah, bantuan dari CV Sapa Koja ini, kata Harnojoyo akan disebar disetiap kelurahan yang ada, sesuai dengan kebutuhan di kawasan itu nantinya.

“Kalau untuk semua kebutuhan Palembang ini, dibutuhkan 76 ribu, saat ini baru ada 46 ribu yang sudah disebar, dengan adanya 10.441 titik lampu bertanaga surya ini, kita butuh waktu beberapa tahun lagi untuk mencukupi semuanya, jadi akan dilakukan secara bertahap,’ jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut)  CV Sapa Koja Remadani Oktaviani SH mengatakan, bantuan hiba lampu listri bertenaga surya ini merupakan bantuan hibah dari PT Imza Rizky Jaya dari Dubai.

“Kalau untuk seluruh Sumsel itu berjumlah 80 ribu yang akan disebar, yang ditargetkan seluruh pengerjaan lampu listrik bertenaga surya ini bisa terpenuhi terpasang ditahun 2025 mendatang, dan Palembang sendiri mendapat bantuan sebanyak 10.441 lampu listrik bertenaga surya,” ungkapnya.

Tentunya, selaian memiliki penghematan pemakaian listrik, kata perempuan yang akrab dipanggil Bunda Vie ini, hanya bersumber dari tenaga surya ini, lampu ini juga memiliki kelebihan yakni ramah lingkungan dengan memasang panel surya mandiri dan tidak bergantung ke pada PLN dalam menyuplai kebutuhan listrik di setiap harinya.

“Jadi panel surya ini bisa jadi pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan listrik harian anda. Meskipun biaya pemasangan awalnya mahal seharga Rp 13 juta per lampunya namun kedepanya anda bisa menghemat,” katanya.(rlls)