Pemkot Palembang Dapatkan Predikat B

Palembang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Palembang mendapat Predikat B dalam Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan. Hasil Evaluasi ini diterima oleh Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Tjahjo Kumolo, Senin (10/2/2020), di Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Pada waktu bersamaan juga diserahkan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota Wilayah I lainnya.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda melalui Kepala Bagian Organisasi Nurmala Sari menjelaskan, Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah adalah untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil (result oriented government), serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Palembang mendapat predikat B. Penilaian tersebut menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya, birokrasi dan kualitas pembangunan budaya kinerja penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil di Pemerintah Kota Palembang sudah menunjukkan hasil yang Baik.

Dijelaskannya, sejak Tahun 2017 Pemerintah Kota Palembang sudah menerapakan sistem aplikasi e-SAKIP yaitu aplikasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah berbasis elektronik. Sistem ini bertujuan untuk memudahkan proses pemantauan dan pengendalian kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota Palembang.

“Keberhasilan dalam meraih predikat B ini merupakan hasil dari komitmen kepala daerah serta jajaran OPD Kota Palembang,” Ujarnya.(rlls)