Pemkot Palembang Dorong Warga Maksimalkan Kolam Pekarangan

    Palembang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, mendorong warga kota setempat memaksimalkan pemanfaatan kolam ikan yang ada di pekarangan atau di sekitar kawasan permukiman untuk mengurangi ketergatungan pasokan ikan dari daerah lain.
“Melalui Dinas Perikanan digalakkan program pembinaan dan pemanfaatan kolam warga sebagai upaya meningkatkan produksi ikan dan membudidayakan benih ikan,” kata Sekda Palembang Harobin Mastofa di Palembang, Kamis.
Menurut dia, pemkot terus mengembangkan kegiatan budi daya ikan di kolam warga dengan cara memberikan pembinaan dan pelatihan mengenai cara melakukan budi daya ikan yang baik.
Untuk menjalankan program itu, dilakukan pertemuan dengan kelompok masyarakat yang tergabung dalam komunitas perikanan, kemudian menampung masukan dan keluhan mengenai permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan pembudidayaan ikan.

    Selain itu, pihaknya melakukan survei ke lapangan untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan itu dan sebagai bahan pertimbangan melakukan peningkatan program pemanfaatan kolam warga.
Dia menjelaskan, berdasarkan evaluasi pelaksanaan program dan masukan dari warga, permasalahan yang dapat menghambat pengembangan pemanfaatan kolam warga antara lain kekurangan benih ikan dan penyakit yang bisa menghambat pertumbuhan ikan serta pengembangbiakannya.
Dalam pembinaan itu, warga yang memiliki kolam di pekarangan atau di kawasan permukiman, selain diberikan pelatihan mengenai cara pengolahan kolam dan pembenihan yang baik, juga  diberikan bantuan benih ikan dan pakan, kata Harobin.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + 2 =