Pemkot Palembang Minimalkan Angka Kemiskinan

    Palembamg, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, terus berupaya meminimalkan angka kemiskinan di Bumi Sriwijaya itu.
“Berdasarkan data dalam beberapa tahun terakhir, angka kemiskinan di kota ini secara bertahap mengalami penurunan, kegiatan yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat akan lebih digalakkan sehingga program pengentasan kemiskinan bisa maksimal,” kata Sekretaris Daerah Palembang Harobin Mastofa, di Palembang, Jumat.
Menurut dia, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, pihaknya mampu menurunkan angka kemiskinan di kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 itu meskipun belum sesuai dengan harapan.

Sesuai data BPS, pada 2013 angka kemiskinan di Kota Palembang tercatat 13,36 persen dari total jumlah penduduk sekitar 1,7 juta jiwa, sedangkan pada 2014 berhasil diturunkan menjadi 13 persen.
Kemudian pada 2015 angka kemiskinan kembali bisa diturunkan menjadi 12,85 persen, pada 2016 menjadi 12,04 persen, dan diupayakan terus turun hingga di bawah 10 persen yang pada akhirnya hingga menyentuh angka seminimal mungkin, katanya.
Dia menjelaskan, keberhasilan menurunkan angka masyarakat miskin itu diharapkan pada tahun-tahun berikutnya bisa kembali dicapai.
Bahkan angka kemiskinan yang bisa diturunkan dalam kurun waktu beberapa tahun tetakhir secara berturut-turut lebih besar lagi dari yang telah dicapai selama ini.
Upaya menurunkan angka kemiskinan di Palembang akan terus dilakukan, karena sudah menjadi komitmen pihaknya memperbaiki taraf hidup masyarakat dengan mengatasi berbagai persoalan kemiskinan sehingga tidak menjadi permasalahan sosial.
Melalui berbagai upaya peningkatan taraf hidup, diharapkan warga kota yang tersebar di 18 kecamatan bisa lebih sejahtera dan Kota Palembang semakin maju, kata Sekda.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 5 =