Pemkot Palembang Tingkatkan Pencegahan Banjir

     Palembang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya meningkatkan pencegahan banjir atau genangan air pada sejumlah ruas jalan dan kawasan permukiman penduduk pada saat turun hujan lebat.
Upaya pencegahan yang dilakukan sebelum hingga musim hujan sekarang ini yakni normalisasi sungai, perbaikan dan pembersihan saluran air, serta memperbaiki pompa pengendali banjir pada beberapa ruas jalan rawan tergenang air hujan dan kolam retensi, kata Sekda Palembang Harobin Mastofa, di Palembang, Kamis.
Menurut dia, pihaknya berupaya semaksimal mungkin mengatasi masalah genangan air yang biasa terjadi pada kawasan tertentu ketika hujan lebat turun dalam waktu lama atau di atas satu jam.
Beberapa program pencegahan dan pengendalian banjir saat ini terus dijalankan hingga permasalahan yang dicemaskan masyarakat ketika turun hujan lebat bisa diminimalkan dan pada saatnya bisa dihilangkan, katanya.
Dia menjelaskan, untuk mengatasi permasalahan genangan air pada saat hujan lebat mengguyur Bumi Sriwijaya ini, selain meningkatkan upaya pencegahan, pihaknya mengharapkan partisipasi dari semua lapisan masyarakat.
Permasalahan genangan air yang selalu muncul pada sejumlah kawasan tertentu ketika hujan lebat turun, tidak mungkin bisa diatasi oleh pihaknya saja.
Upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengatasi masalah banjir, jajaran Pemkot Palembang setiap akhir pekan rutin menggelar gotong royong membersihkan sungai dan saluran air yang ada di lingkungan permukiman penduduk, kata Sekda pula.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × two =