Pemkot Palembang tingkatkan produksi ikan Sungai Musi

Palembang jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya meningkatkan produksi ikan Sungai Musi untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan hewani warga kota itu.

Untuk meningkatkan produksi ikan, dilakukan berbagai upaya pelestarian Sungai Musi, penebaran benih ikan, dan terus dilakukan dan mendorong warga yang tinggal di daerajh aliran sungai mengembangkan budi daya ikan, kata Sekda Palembang Harobin Mastofa, di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, Sungai Musi yang membelah kota menjadi dua bagian yakni Seberang Ilir dan Seberang Ulu itu perlu dijaga kelestariannya, sehingga bisa dimanfaatkan secara maksimal serta dapat mendongkrak produksi ikan.

Kebutuhan ikan warga kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 ini sebagian masih tergantung dari sejumlah daerah sekitar seperti Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, dan Kabupaten Banyuasin.

Berdasarkan data pasokan ikan ke Pasar Induk Jakabaring Palembang belum mampu dipenuhi nelayan dari kota ini, setiap hari sekitar 15 ton ikan didatangkan dari tiga kabupaten terdekat tersebut.

Jika Sungai Musi atau potensi perikanan perairan umum yang ada di Bumi Sriwijaya ini bisa dikelola secara maksimal, dapat melepaskan ketergantungan pasokan ikan dari beberapa daerah tersebut bahkan bisa memenuhi kebutuhan daerah lain di dalam maupun luar wilayah Sumatera Selatan, katanya.

Dia menjelaskan, Kota Palembang berpotensi meningkatkan produksi ikan, selain memiliki Sungai Musi juga terdapat banyak lahan rawa yang dapat dikembangkan sebagai tambak.

Melihat kondisi wilayah yang sangat mendukung untuk meningkatkan produksi ikan air tawar, berbagai upaya untuk memotivasi warga Palembang memanfaatkan potensi perikanan perairan umum akan terus digalakkan, kata Harobin.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 2 =