Pemkot Palembang Turunkan Dokter Hewan Periksa Hewan Kurban

Palembang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan menurunkan tim khusus yang didukung lima dokter hewan untuk memeriksa sapi dan kambing yang akan dijadikan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah/11 Agustus 2019.

Tim diturunkan ke tempat-tempat penjualan hewan kurban untuk memastikan sapi dan kambing yang dibeli warga dalam kondisi sehat dan memenuhi syarat, kata Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda di Palembang, Senin.

Untuk mencegah adanya sapi dan kambing yang tidak layak dikurbankan, pihaknya beberapa pekan terakhir gencar melakukan sosialisasi cara memilih dan memotong hewan kurban.

“Kegiatan sosialisasi tersebut gencar dilakukan di sejumlah kawasan permukiman penduduk dengan mengumpulkan panitia pemotongan atau penyembelihan hewan kurban di suatu tempat,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi itu penting dilakukan untuk memberikan penjelasan kepada warga kota ini mengenai cara memilih hewan ternak yang baik dan memenuhi persyaratan kurban, cara penyembelihan hewan yang halal, bersih, dan bebas dari penyakit (higienis).

Dalam kegiatan itu diberikan penjelasan teknis menjaga hewan seperti sapi dan kambing agar tidak stres selama menantikan waktu penyembelihan dan proses penyembelihan, ujarnya.

Sesuai ketentuan hewan yang dipotong untuk kurban dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya harus sehat atau terbebas dari penyakit, tidak cacat, dan memiliki berat yang ideal.

Dengan diturunkannya tim untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan dan sosialisasi cara memilih hewan kurban, diharapkan tidak ada masalah dalam pelaksanaan peyembelihan dan pembagian daging hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, kata wawako. (anjas)