Pemkot-PLN Mataram Segera Tertibkan PJU Liar

     Mataram, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Mataram bekerja sama dengan PLN Area Mataram akan melakukan penertiban terhadap seribuan penerang jalan umum liar yang dipasang tanpa aturan.
Komitmen kerja sama itu dilakukan antara Pemerintah Kota Mataram melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) dan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) HM Kemal Islam bersama Manajer PLN Area Mataram Chaidar Syaifullah dengan menggelar rapat koordinasi di Mataram, Kamis.
Manajer PLN Area Mataram Chaidar Syaifullah seusai rapat koordinasi mengatakan, berdasarkan pendataan yang dilakukan di lapangan, saat ini terindikasi lebih dari 1.000 penerang jalan umum (PJU) dipasang secara ilegal.
“PJU ilegal itu harus segera kita tertibkan, agar pemasangan bisa sesuai standar dan tidak menjadi sumber kerugian bagi kami,” katanya.
Menurutnya, penetiban PJU liar ini sebenarnya terus dilakukan bahkan dalam proses penertiban selama ini sudah dilakukan hingga 90 persen.
Namun ketika akan mencapai 100 persen, ternyata ada lagi masyarakat yang melakukan pemasangan PJU liar dengan menyambung sendiri ke aliran listrik PLN tanpa ada laporan dan aturan yang berlaku.

     “Penertiban seribuan PJU liar, kami targetkan tuntas tahun ini, agar tahun 2018 Mataram bersih dari PJU ilegal dan kita tinggal melakukan evaluasi kembali,” katanya.
Direncanakan, setelah adanya kerja sama dengan BKD dan Perkim untuk menjamin Mataram steril dari PJU liar, tim itu akan aktif melakukan pertemuan dan evaluasi setiap bulan.
“Titik-titik temuan PJU liar masih didominasi pada wilayah perkampungan padat penduduk, sedangkan di perumahan sudah PJU sudah tertata,” katanya.
Sementara Kepala Dinas Perkim HM Kemal Islam yang dikonfirmasi tentang PJU liar, mengatakan sebelum dilakukan penertiban, data PJU liar dari PLN akan dikaji.
Apabila dari kajian menyebutkan, PJU liar layak atau sesuai kebutuhan masyarakat, maka PJU tersebut akan diresmikan menjadi PJU milik pemerintah kota, sehingga beban pembayarannya ditanggung pemerintah kota.
“Akan tetapi, jika dari hasil kajian ternyata PJU liar yang dipasang oleh masyarakat kurang layak, pemerintah kota dan PLN akan mengambil tindakan tegas dengan melakukan pemutusan aliran daya,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply