Pemkot Tomohon-Kemenpupr Kerja Sama Penyediaan Air Bersih

    Manado,jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota(Pemkot) Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) bekeja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupr) mempercepat cakupan pelayanan air bersih bagi masyarakat perkotaan.
“Kerja sama ini dilakukan melalui program Project Implementation Unit ( PIU). Program ini sifatnya untuk percepatan pencapaian 80 persen cakupan sambungan rumah,” kata Sekretaris Daerah Kota Harold V Lolowang di Tomohon, Rabu.
Pemerintah kota melalui PDAM terus melakukan optimalisasi dalam pencapaian pelayanan air bersih kepada setiap pelanggan, katanya.
PDAM sebagai salah satu badan usaha milik daerah yang bergerak di bidang penyediaan air bersih melakukan langkah-langkah strategis melalui pendataan pelanggan aktif PDAM, serta inventarisasi jaringan bermasalah.

“Persoalan-persoalan itu kami tindaklanjuti secepatnya, sementara hal lainnya yang tidak kalah pentingnya diperhatikan adalah mengidentifikasi potensi sumber-sumber mata air yang baru,” ujarnya.
Pada rapat paripurna penyampaian tanggapan/jawaban Wali Kota terhadap pemandangan umum fraksi tentang Ranperda Perubahan Kedua Atas Perda Kota Tomohon Nomor 1 Tahun 2014 tentang Penyertaan Modal Daerah Kota Tomohon pada Perusahaan Daerah Air Minum, pemerintah kota juga akan bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi di bidang air bersih.
Peningkatan kinerja PDAM sebagai institusi pelayanan publik di bidang air bersih, lanjut dia, akan terus ditingkatkan.
“Pemerintah kota akan memberikan perhatian khusus untuk PDAM sehingga terjadi peningkatan pelayanan masyarakat, serta mampu memberikan kontribusi kepada pemda dalam fungsinya sebagai sumber pendapatan asli daerah,” ujarnya.
Rapat Paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miky Wenur didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Carrol Senduk SH dan Youdy Moningka SIP, serta dihadiri oleh jajaran Pemerintah Kota Tomohon dan anggota DPRD.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 1 =