Pemprov Lampung Apresiasi PLN Tanam 1.200 Pohon

     Bandarlampung, jurnalsumatra.com -Pemerintah Provinsi Lampung mengapresiasi kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bentuk program bina lingkungan penanaman 1.200 pohon oleh PT. PLN Distribusi Lampung di Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdul Rachman.
“Pemprov Lampung sangat mengapresiasi kegiatan penanaman pohon oleh PLN sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan,” kata  Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Syaiful Bachri, di Tahura Wan Abdul Rachman, Bandarlampung, Rabu.
Ia menyebutkan, kewajiban menanam pohon bukan hanya tugas lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan maupun Pemerintah Daerah saja, namun merupakan tanggung jawab semua pihak untuk melestarikan lingkungan.
Menurutnya, kondisi kehutanan di Provinsi Lampung  saat ini cukup memprihatinkan, karena sekitar 50 persen dari luas hutan yang ada dalam kondisi kurang baik, dengan adanya gerakan-gerakan penanaman pohon seperti yang dilakukan oleh PLN diharapkan dapat memperbaiki dan memulihkan tutupan lahan tersebut.
Ia menyebutkan untuk memulihkan fungsi hutan, Pemprov Lampung juga menggerakkan partisipasi masyarakat dalam bentuk kegiatan perhutanan sosial dengan melakukan vegetasi di daerah garapan mereka.
“Hari ini kita buktikan PLN Distribusi Lampung mempunyai kepedulian menanam pohon,” ujarnya.
Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Distribusi Lampung, Agung Surana mengatakan, penanaman pohon tersebut adalah salah satu program CSR yang dilakukan PLN sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat berkerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Lampung dalam rangka pemulihan Daerah Aliran Sungai.

   Menurutnya, kegiatan ini sesuai dengan misi PLN dimana eksistensi bisnis PLN di bidang ketenagalistrikan antara lain ditujukan untuk membantu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan mendorong kegiatan ekonomi bangsa.
Agung menjelaskan kegiatan penanaman pohon itu tidak hanya dilakukan di Provinsi Lampung saja, namun dilakukan serentak di seluruh Indonesia oleh PT. PLN.
Program penanaman pohon tersebut merupakan program berkelanjutan dan tidak berhenti sampai dengan penanaman saja, namun juga akan dilakukan pemantauan dan perawatan rutin agar tercapai tujuan dari penghijauan tersebut.
Menurut Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Distribusi Lampung itu, ada enam jenis bibit pohon yang ditanam di wilayah Tahura Wan Abdul Rachman, yaitu Trembesi sebanyak 350 batang, Pinus 350 batang, Ketapang Kencana 350 batang, Cemara Nortox 60 batang, Glodokan 60 batang serta Durian 30 batang.
Pada tahun 2018 ini, ada sekitar 36.649 bibit pohon yang telah ditanam di wilayah Tahura yang berasal dari Kementerian LHK sebanyak 10.000 batang, Pemerintah Provinsi Lampung 25.449 batang dan CSR PLN Distribusi Lampung 1.200 batang.(anjas)

Leave a Reply