Pemprov Minta Masyarakat Cegah Dini Penyakit Kanker

   Palembang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) minta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mencegah secara dini penyakit kanker karena sangat membahayakan.
Pelaksana Harian Kadis Kominfo Sumsel, Amrullah saat sosialisasi kanker bersama Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia di Palembang, Jumat, mengatakan bukan itu saja tetapi bila terkena kanker maka sulit diobati bahkan bisa mematikan.
Apalagi berdasarkan data dari berbagai rumah sakit bahwa pasien yang berobat rata-rata sudah mencapai stadium lanjut, ujar dia.
Dia menambahkan kesemuanya itu diakibatkan karena minimnya informasi yang diterima masyarakat akan gejala dan bahaya penyakit kanker tersebut.
Sehubungan itu melalui sosialisasi sekarang ini diharapkan masyarakat mengerti bahaya akan penyakit kanker sehingga harus diantisipasi sejak dini, ujar dia.

   Lebih lanjut, sebutnya cegah dini itu penting mengingat kanker sulit untuk ketahui secara kasat mata.
Sementara Kepala Cabang Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia melalui Konsultan YSKI Darwin Efendi mengatakan pihaknya terus melakukan sosialisasi agar perkembangan penyakit kanker dapat ditekan.
Selain itu sosialisasi guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya kanker dan tumor, ujar dia.
Menurut dia, sementara mengenai materi yang disampaikan antara lain bagaimana cara mengetahui kanker dan tumor.
Begitu juga apa penyebab timbulnya penyakit kanker dan tumor tersebut sehingga harus diketahui seluruh lapisan masyarakat, tambah dia.
Dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan kewaspadaan masyarakat untuk menghindari penyakit kanker akan semakin tinggi sehingga jumlah penderita menjadi turun, lanjut dia.(anjas)

Leave a Reply