Pemprov Papua: Mahasiswa Selesai Kuliah Bangun Daerah

    Jayapura, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Papua meminta mahasiswa yang dibiayai pihaknya dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi hendaknya kembali ke daerahnya masing-masing setelah diwisuda agar dapat membangun Bumi Cenderawasih.
Asisten Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Papua Doren Wakerkwa di Jayapura, Senin, mengatakan mahasiswa asal Bumi Cenderawasih yang mengambil studi di perguruan tinggi negeri atau swasta di seluruh Indonesia hanya berkuliah dan setelah diwisuda segera kembali untuk membangun daerahnya.
“Intinya, gubernur mengirim mahasiswa yang dibiayai negara, supaya selesai kuliah pulang ke Papua agar membangun tatanan kehidupan pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan yang ada di tanah ini,” katanya.
Ia menjelaskan tidak ada niat pemerintah provinsi mengajarkan mahasiswa untuk pergi ke provinsi di seluruh Indonesia atau ke luar negeri, lalu melakukan kegiatan di luar tugas dan kewajibannya menyelesaikan pendidikan.

    “Kami memberikan beasiswa agar anak-anak Papua yang orang tuanya kesulitan dalam pembiayaan pendidikan dapat berkuliah dengan baik,” ujarnya.
Dia menjelaskan pemberian beasiswa pun sebenarnya bertujuan untuk membantu putra dan putri asal Papua agar mendapat pendidikan tinggi, sehingga mampu bersaing dengan pemuda dan pemudi lainnya di seluruh Indonesia, khususnya dalam pelaksanaan pembangunan.
“Kami tidak memerintahkan untuk melakukan hal-hal yang bertentangan dengan negara sehingga jika terjadi aktivitas lain, silakan berhadapan dengan aturan dan hukum yang berlaku,” katanya.
Sebelumnya, Kepala Polrestabes Surabaya Komisaris Besar Polisi Rudi Setiawan mengatakan pihaknya membubarkan Aliansi Mahasiswa Papua dengan memulangkan ratusan orang yang tergabung di dalamnya ke daerah asal masing-masing karena diduga aksi pada Sabtu (1/12) yang digelar mereka bermuatan gerakan radikal atau makar.(anjas)

Leave a Reply