Pemprov Sulteng Buka Sementara Jalan “Kebun Kopi”

    Palu, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka kelancaran arus mudik dan balik lebaran 2018 membuka sementara jalan “Kebun Kopi” pada poros Taweli-Toboli.
“Kebijakan ini semata-mata dilakukan agar kendaraan mudik dan balik lebaran melewati jalan nasional itu berjalan lancar,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulteng, Fahruddin di Palu, Jumat.
Ia mengatakan selama ini, jalur tersebut dilakukan buka-tutup karena sedang dalam pemeliharaan atau masa perbaikan oleh instansi berwenang.
Namun dalam jangka waktu tertentu, khususnya selama arus mudik dan balik lebaran, jalur paling ramai dilewati kendaraan barang maupun penumpang itu terpaksa dibuka kembali.
Jadi selama arus mudik dan balik tidak ada lagi pemberlakuan buka-tutup jalan pada poros jalan nasional itu.

   Dengan begitu, kata dia, 1×24 jam pengendara bisa melintas dengan lancar di jalur yang terkenal memiliki lebih 300-an tikungan tajam tersebut.
Jalur Kebun Kopi selama ini memang rawan terjadinya longsor karena struktur tanah labil dan mudah longsor saat hujan lebat mengguyur kawasan hutan sekitarnya.
Ada beberapa poros jalan di Sulteng yang mendapat perhatian pemerintah karena selain merupakan jalur ramai arus lalulintas mudik lebaran, juga sering tertimbun longsor.
Dan salah satu poros dimaksud adalah jalan nasional Taweli-Toboli sepanjang 48km.
Selain rawan longsor, jalur itu juga sering terjadi kecelakaan lalulintas karena berkelok-kelok dan banyak tikungan tajam sehingga memerlukan ekstra hati-hati saat melintas.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + twenty =