Pemprov Sulut Berharap Masyarakat Dukung Pilkada Demokratis

    Manado, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berharap seluruh masyarakat mendukung sepenuhnya pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) demokratis yang akan digelar Juni mendatang.
“Tahun 2018 merupakan tahun politik karena akan diselenggarakan pilkada serentak di 171 Daerah di Indonesia,” kata Kepala Biro Pemerintahan Dan Humas DR Jemmy Kumendong MSi di Kota Kotamobagu, Jumat.
Kumendong mengatakan ada beberapa kabupaten dan kota yang akan menyelenggarakan pilkada serentak di daerah ini.
Keenam wilayah tersebut yaitu Kota Kotamobagu, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kepulauan Sitaro, Minahasa Tenggara, Minahasa, Bolaang Mongondow Utara.

Pelaksanaan pesta demokrasi ini, lanjut dia, membutuhkan kesiapan manusia dan infrastruktur lainnya sebagai sistem pendukung agar terselenggara politik akbar dan tercapainya Indonesia sebagai negeri yang demokratis.
“Secara khusus pastinya membutuhkan dukungan dari komponen yang terkait termasuk bawaslu, kepolisian, kejaksaan tinggi karena ada isu yang diperkirakan akan mewarnai politik tahun ini di antaranya populisme berbasis agama, persoalan ekonomi dan pemilih milenial,” katanya.
Dia berharap, seluruh masyarakat mendukung dan mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi ini sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap pelaksanaan pilkada di daerah berpenduduk lebih dari 2,5 juta jiwa itu.
Selanjutnya, anggota Bawaslu Sulut Bidang Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Kenly M Poluan SPd MSi, Perwakilan Polda Sulut AKBP Youdy Kalalo Sos, dan perwakilan Kajati Sulut Bobbi Rusmin mengajak kepada seluruh masyarakat bersama-sama menolak dan menentang politik uang dan politisasi sara.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 4 =