Pemprov Sulut Kerja Sama Dengan Univeraitas Oxford

     Jakarta, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menginisiasi kerja sama antara Universitas Negeri Manado (Unima) dengan Universitas Oxford di Inggris dengan ditandai hadirnya Tim delegasi Pemprov Sulut, Kamis (31/5).
Tim tersebut dipimpin Ketua DPRD Andre Angow bersama Rektor Universitas Negeri Manado Prof Paula Runtuwene dan Wali Kota Manado Vicky Lumentut yang diundang berkunjung ke Oxford oleh Director Department of Continuing Study and Public Policy Universitas Oxford.
Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado, Hendrik Warokka yang ikut dalam delegasi Provinsi Sulawesi Utara kepada Antara, Kamis menyebutkan, sehari sebelumnya delegasi sempat berkunjung ke Kedutaan Besar Republik Indonesia di London untuk menyampaikan maksud kunjungan, yaitu dalam rangka merintis hubungan kerja sama antara Unima dan Universitas Oxford yang juga mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.
Alan Hudson sebagai Director Programmes in Leadership and Public Policy Universitas Oxford menyatakan bahwa Unima menjadi ‘focal point’ utama dalam kerja sama dengan menghasilkan tiga kesepakatan yang akan diimplementasikan yaitu kebijakan publik, pendidikan dan pengelolaan ekonomi. Universitas Oxford oleh Times Higher Education World University Ranking ditempatkan sebagai universitas dengan ranking 1 dunia, ujarnya.

Gubernur Sulawesi Utara melalui Ketua DPRD menyatakan dukungan penuh terhadap rintisan kerja sama ini dengan mengalokasikan anggaran dalam APBD. Hal yang sama juga dinyatakan Walikota Manado Vicky Lumentut yang memberi dukungan sesuai kebijakan Provinsi Sulut.
Rektor Unima Paula Runtuwene, menyampaikan terima kasih kepada Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof Mohammad Natsir yang memberikan kesempatan kepada Unima dalam upaya merintis kerja sama dengan Universitas Oxford ini. “Apresiasi juga disampaikan kepada Gubernur dan Ketua DPRD Sulut yang telah memberikan kepercayaan kepada Unima sebagai ‘fokal poin’ untuk kerja sama, tanggung jawab yang diberikan ini tentunya menjadi tantangan sekaligus dorongan untuk menjalankan misi mulia ini,” ujarnya.
Di tengah-tengah kesibukan dalam kunjungan ini, Rektor dan Wali kota tidak lupa berkunjung dan dengan hikmat berada di Gereja Universitas St. Mary the Virgin yang didirikan tahun 1200-an. Gereja ini merupakan pusat di mana Universitas Oxford berkembang dan merupakan salah satu ikon wisata religi di Kota Oxford.
Dalam kunjungan ke Inggris, Wali kota Vicky Lumentut dan Ibu Rektor Unima Paula Runtuwene dan Ketua DPRD Andre Angouw menyempatkan bertemu dengan KAWANUA UK yang diketuai LetKol Frega Wenas, Ketua PPIUK Eric Daniel Tenda, Olivia Rondonuwu MSc dan Student di LSE dan Cathy Paat pembina Kawanua UK. (anjas)

Leave a Reply