Pemprov Sulut Tingkatkan Infrastruktur Pendidikan Daerah Kepulauan

     Manado, jurnalsumatra.com – Pemerintah Sulawesi Utara meningkatkan pembanguan infrastruktur pendidikan hingga daerah kepulauan, seperti di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sangihe, dan Talaud.
“Hal ini dalam rangka pemerataan pendidikan, jadi pembangunan infrastruktur pendidikan tidak hanya di wilayah daratan tetapi juga ke kepulauan, termasuk tiga kabupaten kepulauan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulawesi Utara dr Grace L Punuh di Manado, Selasa.
Pembangunan infrastruktur pendidikan tersebut, kata dia, mencakup perbaikan sarana pendidikan hingga penambahan komputer, baik untuk praktik maupun Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).
“Khusus komputer untuk UNBK kita upayakan bisa terpenuhi secara keseluruhan di tahun depan,” katanya.
Grace mengatakan setelah pengalihan pengelolaan sejak awal tahun ini, 418 Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi.

“Skema pemberian bantuan untuk SMA/SMK dapat melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah maupun dana alokasi khusus, bantuan ini menjangkau hingga daerah kepulauan,” ujarnya.
Dana pendidikan yang dialokasikan pemerintah provinsi, lanjut dia, telah mencapai 22 persen dari total APBD tahun ini yang dianggarkan lebih dari Rp4 triliun.
“Sejatinya sebesar 20 persen dari APBD, namun pemerintah daerah mengalokasikan sebesar 22 persen untuk pendidikan, ini indikasi positif keinginan pemerintah daerah memajukan sektor pendidikan,” ujarnya.
Grace yang pernah menjabat Kepala Dinas Kesehatan Sulut pada era Gubernur Sinyo H. Sarundajang dan Wakil Gubernur Djauhari Kansil itu, optimistis perbaikan infrastruktur yang dilakukan pemerintah daerah secara bertahap akan mendorong peningkatan kualitas pendidikan di daerah berpenduduk lebih dari 2,5 juta jiwa itu.(anjas)

Leave a Reply